Pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan lingkungan kerja sebagai Variabel Moderasi pada Pegawai Kementerian Agama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Sofia Riskiyatul (2023) Pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan lingkungan kerja sebagai Variabel Moderasi pada Pegawai Kementerian Agama Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofia Riskiyatul Aisyah_B94219098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi. sampel penelitian adalah 80 pegawai Kantor Kementerian Agama Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan hipotesis asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model) untuk menjawab tujuan penelitian. hasil penelitian meliputi, pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan nilai t-statistic sebesar 6.428 > 1.96 dan nilai p-values sebesar 0.000 < 0.05. kedua, variabel lingkungan kerja sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan nilai t-statistic 2.035 > 1.96 dan nilai p-values sebesar 0.042 < 0.05. ketiga, nilai hubungan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi secara simultan dengan melihat nilai R-squere yakni sebesar 0.559. Nilai tersebut menunjukkan hubungan sedaang pada variabel terikat yang dibuktikan dengan makna nilai korelasi bahwasannya ketepatan korelasi 0.40 – 0.59. Keempat, nilai hubungan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi secara parsial. Nilai hubungan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan melihat nilai latent variabel correlation yakni sebesar 0.722 (tinggi) dan nilai p-values dalam tabel path coeffitient sebesar 0.000 < 0.05. sedangkan nilai hubungan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja sebesar 0.427 (sedang) dan nilai p-values sebesar 0.026 < 0.05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sofia Riskiyatulriskiyatulaisyah05@gmail.co,B94219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Disiplin Kerja; Produktivitas Kerja; Lingkungan Kerja; Variabel Moderasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sofia Riskiyatul Aisyah
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:57
Last Modified: 10 Apr 2023 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item