Analisis hukum Islam dan fatwa DSN NO. 110/DSN-MUI/IX tahun 2017 terhadap jual beli peti premium pada aplikasi game online battle royal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Qori' alafajar (2023) Analisis hukum Islam dan fatwa DSN NO. 110/DSN-MUI/IX tahun 2017 terhadap jual beli peti premium pada aplikasi game online battle royal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Qori Al Fajar_C02217001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Hukum Islam dan Fatwa Dsn No:110/DSN-MUI/IX/2017 Terhadap Jual beli Peti Premium Pada Aplikasi Game Online Battle Royal menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah: bagaimana praktek jual beli peti premium pada aplikasi Game Online Battle Royal dan bagaimana analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN No. 110/DSN-MUI/IX Tahun 2017 terhadap jual beli peti premium pada aplikasi Game Online Battle Royal. Jenis penelitian yang penulis gunakan merupakan penelitin lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis, serta menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada transaksi pembelian peti premium Online player melakukan top up unknown cash pada Game Online Battle Royal Online di Alfamart, Indomart, Aplikasi Gopay. Codashop.com. Setiap pembelian satu peti premium akan di dikenakan biaya 120 UC atau setara dengan Rp. 28.000,-. Setelah melakukan top up player dapat memilih create yang akan dibeli. Kemudian, player akan diberi pilihan Pertama, membeli create dengan satu kali barang keluar. Kedua, membeli satu create dengan sepuluh barang keluar sekaligus serta barang yang keluar ini acak. Dalam pelaksanaannya praktik jual beli peti premiun pada game online battle royal, dianalisis berdasarkan motif rukun dan syarat tidak dapat terpenuhi. Motif dari pemain dalam pembelian peti premium ini hanya didasari oleh kepuasan pribadi dan tidak memperhatikan kegunaan serta manfaat dari objek yang dibeli. Adapun rukun dan syarat jual beli menurut jumhur ulama pembelian peti premium ini belum memenuhi syarat, dipertegas dengan ketentuan terakhir dari Fatwa DSN-MUI Nomor: 110/DSN-MUI/IX/2017. Hal ini dikarenakan pada proses transaksi tidak dapat diketahui secara jelas perihal objek transaksi. Sehingga dalam transaksi jual beli peti premium dalam Game Online Battle Royal terdapat unsur gharar. Adapun saran bagi Player yang sudah membeli UC untuk akses peti premium sebaiknya menggurangi untuk melakukan transaksi ini. Hal ini dikarenakan dalam transaksi ini menggandung gharar. Transaksi yang menggandung gharar dilarang dalam hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Qori' alafajarqoricl87@gmail.comC02217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Analisis hukum Islam; fatwa DSN NO. 110/DSN-MUI/IX tahun 2017; jual beli peti premium pada Aplikasi Game Online Battle Royal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Qori' Alfajar
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:00
Last Modified: 06 Mar 2023 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61017

Actions (login required)

View Item View Item