Pengorganisasian ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Dusun Balangbendo Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ayu (2022) Pengorganisasian ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Dusun Balangbendo Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Lestari_B52218032 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pembentukan kelompok usaha bersama. Pengorganisasian ini dilakukan dengan mengajak ibu rumah tangga memanfaatkan aset sumber daya manusia dan memaksimalkan lahan pekarangan yang menjadi aset paling potensial di Dusun Balangbendo. Ibu rumah tangga menggunakan pekarangan untuk menanam pare dan mengolahnya menjadi prodak berupa keripik pare. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Aset Bassed Community Development) Dampingan ini menggunakan 5 tahapan, Dengan menemukan kembali aset (Discovery) , memimpikan suatu yang diharapkan (Dream), melakukan perencaan kembali mengenai aset tersebut (Design), dimulainya suatu tindakan yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat (Define) serta monitoring dan evaluasi program aksi (Destiny). Pendekatan ini dituju pada aset dan mobilitas aset masyarakat yang ada dan menjadikannya peluang pembangunan. Hasil dari pengorganisasian ini adalah, munculnya kesadaran masyarakat dalam memahami aset dan potensi yang dimiliki. Indikator dari kesadaran tersebut tercemin dari terlibatnya masyarakat dalam aksi yang dilakukan bersama berupa menanam pare di pekarangan rumah dan pelatihan pembuatan keripik pare sampai pada tahapan pemasaran. Dengan adanya pengorganisasian ini masyarakat memiliki keterampilan dan keilmuan baru yang dituangkan dengan terbentuknya kelompok usaha bersama. Sehingga perempuan memiliki usaha sendiri, juga sumber pemasukan ekonomi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ayuayulestari01081998@gmail.comB52218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Aset Dan Potensi; Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 05 Nov 2023 00:26
Last Modified: 05 Nov 2023 00:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61031

Actions (login required)

View Item View Item