Analisis kelayakan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Murabahah Bil Wakalah pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nivanty, Hanien (2022) Analisis kelayakan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Murabahah Bil Wakalah pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanien Nivanty_G04218021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan KUR pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2 menjadi pembiayaan yang paling banyak diminati oleh nasabah, oleh karena itu diperlukan analisis yang mendalam terhadap pemberian pembiayaan kepada nasabah. Dalam penelitian ini yang berjudul “Analisis Kelayakan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Dengan Murabahah Bil Wakalah Pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab bagaimana alur pemberian pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan murabahah bil wakalah di BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2 dan bagaimana analisis kelayakan pembiayaan KUR dengan murabahah bil wakalah pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data, penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian melakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat beberapa alur atau tahapan dalam pemberian pembiayaan KUR pada BSI KCP Mojokerto Mojopahit2, yakni tahap pengajuan permohonan pembiayaan, tahap analisis pembiayaan, tahap pemberian putusan pembiayaan, tahap akad dan pencairan pembiayaan, dan tahap pemantauan pembiayaan; Kedua, dalam menganalisis kelayakan pembiayaan pada pembiayaan KUR dengan murabahah bil wakalah, BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2 menggunakan prinsip analisis pembiayaan 5C+1S. Prinsip character menilai karakter dari nasabah, prinsip capacity menilai kemampuan keuangan dari nasabah, prinsip capital menilai dari modal yang dimiliki oleh nasabah, prinsip collateral menilai jaminan yang dimiliki oleh nasabah, prinsip condition of economy menilai kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi usaha nasabah, penilaian aspek Syariah menilai usaha nasabah, apakah ada yang melanggar Syariah islam atau tidak Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2 untuk tetap selalu memperhatikan dan teliti dalam menganalisis kelayakan pembiayaan yang diajaukan oleh calon nasabah agar dapat meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah. Selain itu, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat mengkaji penelitian terkait dengan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan akad murabahah bil wakalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nivanty, Hanienhaniennivanty99@gmail.comG04218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Bank Islam
Ekonomi
Keywords: Analisis Kelayakan Pembiayaan; Kredit Usaha Rakyat (KUR); Murabahah bil wakalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: HANIEN NIVANTY
Date Deposited: 12 Nov 2023 03:23
Last Modified: 12 Nov 2023 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61046

Actions (login required)

View Item View Item