Analisis etika bisnis Islam pada minimarket Al Fattah Mart ditinjau dari pemikiran Imam Al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanah, Kholifatul (2022) Analisis etika bisnis Islam pada minimarket Al Fattah Mart ditinjau dari pemikiran Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatul Amanah_G04218028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dengan pihak Al-Fattah Mart dan pihak lain yang terlibat serta dokumentasi. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dan untuk teknik pengolahan data dari penelitian yakni pemeriksaan data (editing), rekontruksi data (reconstructing) dan sistematika data. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minimarket Al-Fattah Mart telah menerapkan etika bisnis Islam didalam operasionalnya seperti etika ketauhidan, etika dalam berpakaian, etika dalam pengambilan keuntungan, etika dalam melayani konsumen, etika dalam menjual produk yang halal dan etika dalam menjalin kerja sama. Keenam etika tersebut telah dijalankan setiap harinya, hanya saja terkadang pegawai dari minimarket Al-Fattah Mart tidak menjalankan etika ketauhidan dengan baik, hal itu dikarenakan para pegawainya tidak menjalankan sholat berjamaah ketika sedang bekerja padahal minimarket Al-Fattah Mart telah memfasilitasi pegawai untuk bisa sholat berjamaah. Etika bisnis Islam pemikiran Al-Ghazali apabila diterapkan di minimarket ini maka bisa terlaksana salah satu nya yakni menyeimbangkan urusan duniawi dan akhirat, tidak serakah dalam pengambilan keuntungan dan menghindari barang atau produk yang syubhat. Saran dari peneliti untuk minimarket Al-Fattah Mart yakni memberikan price tag atau label harga di setiap produk yang di display agar konsumen bisa mengira-ngira harga dari produk tersebut, selain itu memberikan tambahan pada keranjang belanja akan menjadi lebih baik lagi karena konsumen bisa menggunakan keranjang tersebut untuk berbelanja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanah, Kholifatulkholifatulamanah34@gmail.comG04218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'adah, Mas'adahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Budaya - Agama
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Imam Al-Ghazali; Minimarket Al-Fattah Mart
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: KHOLIFATUL AMANAH
Date Deposited: 25 Nov 2023 05:02
Last Modified: 25 Nov 2023 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61048

Actions (login required)

View Item View Item