Komunikasi persuasif tenaga kesehatan Puskesmas dalam optimalisasi vaksin covid-19 pada masyarakat Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilatin, Hellina (2023) Komunikasi persuasif tenaga kesehatan Puskesmas dalam optimalisasi vaksin covid-19 pada masyarakat Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hellina Fadlilatin_B75218061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang komunikasi persuasif petugas puskesmas dalam optimalisasi vaksin covid19 pada masyarakat desa Rengel. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan teknik komunikasi persuasif dalam optimalisasi vaksin covid19 pada masyarakat desa Rengel yang dapat diketahui melalui komunikasi yang dilakukan oleh petugas puskesmas pada warga dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dimana kegiatan tersebut dilakukan oleh petugas puskesmas yang ditugaskan untuk menyuntikkan vaksin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sikap yang dikemukakan oleh Carl Hovland. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif berjalan lancar yaitu petugas puskesmas dalam optimalisasi vaksin covid19 pada masyarakat desa Rengel yaitu menyampaikan pesan dengan kalimat yang bersifat merayu, merayu, memberikan informasi dan tanpa menggunakan kekerasan serta ancaman. Penyampaian pesan dengan cara tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan dan motivasi pada masyarakat agar bersedia melakukan vaksin. Teknik komunikasi persuasif yang dilakukan petugas puskesmas ditunjukkan dari kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di balai desa Rengel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilatin, Hellinahellinafadlilatin00@gmail.comB75218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDHamidah, Liliklilik.hamidah@uinsby.ac.id2017127301
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Komunikasi persuasif; teknik komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hellina Fadlilatin
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:15
Last Modified: 28 Mar 2023 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61051

Actions (login required)

View Item View Item