Interaksi sosial antara gereja Baptis Indonesia Setia Bakti dan pondok pesantren lDII Wali Barokah di Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad Achsin Safi (2022) Interaksi sosial antara gereja Baptis Indonesia Setia Bakti dan pondok pesantren lDII Wali Barokah di Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Achsin Safi Maulana_E72218044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terdapat dua kelompok keagamaan yang saling berinteraksi di Desa Burengan, Kecamatan Pesantren, Kediri, yaitu Gereja Baptis Indonesia Setia Bakti dan Pondok Pesantren Wali Barokah . Penelitian ini bermaksud membahas interaksi dan tindakan sosial yang terjadi di antara dua kelompok sosial tersebut, menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini mengacu kepada proses penjabaran penelitian, deskriptif dan analitis. Data-data dalam penelitian ini bersumber dari observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview). Tahap analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses reduksi data, lalu dibangun narasi agat dapat menjadi serangkaian informasi, lalu menarik kesimpulan, dan melakukan pemerikasaan ulang hasil penelitian. Peneliti menggunakan perspektif J. L. Gillin dan J. P. Gillin tentang konsep interaksi sosial yang menjelaskan adanya bentuk-bentuk interaksi sosial yang memiliki sub-kategori bentuk dan proses sosial. Selain itu, peneliti juga mengacu kepada teori tindakan sosial Max Weber yang menjelaskan bahwa tindakan individu atau kelompok mengandung makna atau niat tertentu, sehingga mewujudkan reaksi dari kelompok yang menerima tindakan. Penelitian ini menemukan bahwa jemaat Gereja Baptis Indonesia Setia Bakti dan masyarakat Pondok Pesantren Wali Barokah memiliki bentuk interaksi sosial asosiatif, seperti kerjasama, akomodatif, dan asimilatif. Sedangkan dalam tindakan sosialnya terdapat empat jenis tindakan yang menggunakan instrument rasional, rasional berbasis nilai, rasional afektif, dan tindakan tradisional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammad Achsin Safi--E72218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Gereja
Pesantren
Keywords: Interaksi sosial; tindakan sosial; gereja Baptis Indonesia; pondok pesantren Wali Barokah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sholichah Moesthofa
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:47
Last Modified: 02 Mar 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61065

Actions (login required)

View Item View Item