Analisis perilaku konsumen islam terhadap penggunaan e-money berbasis mobile (Go-pay) sebagai alat transaksi pada generasi milenial di surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Primandani, Herlin Anita (2022) Analisis perilaku konsumen islam terhadap penggunaan e-money berbasis mobile (Go-pay) sebagai alat transaksi pada generasi milenial di surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlin Anita Primandani_G04218023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana pengaplikasian perilaku konsumen islam pada generasi millennial saat menggunakan e-money berbasis mobile gopay dan bagaimana penggunaaannya Penelitian ini menggunakan jenis lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Hair yaitu jumlah sampel 2 x dari jumlah indicator. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan purposive sampling, dikarenakan penelitian ini membutuhkan kriteria tertentu seperti usia dalam responden yang berada pada rentan kelahiran tahun 1980-2000, dan penggunaan GoPay aktif dan berdomisili di Surabaya Kecamatan Sawahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perilaku konsumen generasi milenial Surabaya kecamatan sawahan ini pada umumnya belum bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginannya di kehidupan. Perilaku konsumen islam tersebut sepenuhnya sesuai dengan teori konsumsi islam. Dimana Sebagian informan yang melakukan penggunaan GoPay berdasarkan dengan keinginan mereka bukan berdasarkan dengan apa yang mereka butuhkan namun disisi lain millennial juga turut menggunakan GoPay tersebut guna untuk kebaikan seperti dengan donasi, melakukan zakat dan donasi pada Pendidikan yang telah tersedia di aplikasi tersebut. Saran untuk millennial di kota Surabaya khususnya yang ada di kecamatan sawahan agar lebih selektif dalam melakukan transaksi dan diharapkan dapat membuat skala prioritas dalam berbelanja agar tidak mudah tergiur pada promo yang sedang di tawarkan dengan mempertimbangkan manfaat dan dampaknya terlebih dahulu sebelum membelinya. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakann sebagai bahan refrensi dan perbandingan untuk penelitian selanjutnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Primandani, Herlin Anitaherlinanitap@gmail.comG04218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Konsumen
Keywords: Penggunaan GoPay; Generasi Millenial; Perilaku konsumen islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Herlin Anita Primandani
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:29
Last Modified: 09 Mar 2023 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61075

Actions (login required)

View Item View Item