Komunikasi pesantren dalam membentuk Desa Santri di Desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Fira Roikhatul (2022) Komunikasi pesantren dalam membentuk Desa Santri di Desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Roikhatul Jannah_B75217076 OK.pdf

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi pesantren dalam membentuk desa santri di desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Rumusan dalam Penelitian ini adalah tentang bagaimana proses komunikasi yang dilakukan pondok pesantren dalam membentuk desa santri di desa talun kecamatan sumberrejo kabupaten Bojoengoro, bagaimana pola komunikasi pondok pesantren dalam membentuk desa santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari dokumetasi, observasi dan wawancara, serta didukung dengan studi pustaka, baik dari buku-buku maupun jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang dilakukan pondok pesantren dalam membentuk desa santri yaitu dengan pola komunikasi personal, interpersonal dan kelompok. Dimana kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang ada di lingkungan pesantren menimbulkan terciptanya suatu komunikasi antar masyarakat dan santri lainnya. Kegiatan rutin dalam pesantren menadi sarana utama dalam membangun pola komunikasi sesama rakyat melalui pendekatan yang dilakukan antar individu maupun kelompok. Salah satu pendekatan yang ada yaitu hal wajar meliputi obrolan langsung dimana seorang guru atau kyai menyampaikan ilmu, serta obrolan sharing tentang kehidupan antar personal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Fira Roikhatulfiraroikha99@gmail.comB75217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi
Pesantren
Keywords: Komunikasi; Pondok Pesantren; Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fira Roikhatul Jannah
Date Deposited: 08 May 2023 02:57
Last Modified: 08 May 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61079

Actions (login required)

View Item View Item