Peran Kaum Padri dalam mempertahankan dataran tinggi Minangkabau (1818-1825)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhana, Falasifa Ayu (2023) Peran Kaum Padri dalam mempertahankan dataran tinggi Minangkabau (1818-1825). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Falasifa Ayu Wardhana_A92219084 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana sejarah munculnya Gerakan Padri? 2) Bagaimana kondisi masyarakat dataran tinggi Minangkabau 1803-1818? 3) Bagaimana bentuk perlawanan kaum Padri terhadap kolonial Belanda 1818-1825? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan sosiologis karena peneliti berusaha menemukan faktor-faktor munculnya Gerakan Padri dan adanya perlawanan terhadap Belanda. Teori yang digunakan adalah teori konflik Ralf Dahrendorf untuk menjelaskan konflik yang muncul melalui akibat adanya relasi-relasi sosial dalam sistem, sehingga yang tidak terhubung maka tidak akan terlibat dalam konflik dan teori peranan social Peter Burke untuk menjelaskan kedudukan seseorang dalam strata sosial tertentu dapat mempengaruhi norma perilaku. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, munculnya Gerakan Padri dilatarbelakangi oleh kemajuan ekonomi yang membawa masyarakatnya berhaji ke Makkah dan pulang dengan membawa pembaharuan-pembaharuan untuk kemudian disebarkan di wilayahnya. Kedua, kondisi masyarakat Minangkabau dalam kehidupan beragama mengalami perubahan yang ekstrem. Penyebaran paham Padri dilakukan dengan strategi kekerasan dan vandalisme yang mempengaruhi kondisi social-politik. Ketiga, kaum Padri mengadakan perlawanan terhadap Belanda yang ingin mengekspansi dataran tinggi Minangkabau dengan strategi pertahanan benteng dan melakukan vandalisme terhadap kampungkampung musuh. Pertahanan mereka terjadi hingga adanya perjanjian damai antara dua pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhana, Falasifa Ayufalasifa692@gmail.comA92219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Padri; kekerasan; vandalisme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:47
Last Modified: 24 Feb 2023 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61080

Actions (login required)

View Item View Item