Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking (HOT) pada materi lingkaran ditinjau dari gender siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qois, Ummu (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking (HOT) pada materi lingkaran ditinjau dari gender siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Qois_D74217071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam menganalisis masalah, mengidentifikasi asumsi, menentukan solusi, serta menentukan kesimpulan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat serta melibatkan pengetahuan, penalaran, dan pembuktian matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siwa dalam menyelesaikan soal HOT pada materi lingkaran ditinjau dari gender siswa. Untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa digunakan kriteria serta indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diadaptasi dari kriteria kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IIS II MAN Bangkalan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang diambil berdasarkan skor tertinggi dari total 31 siswa yang mengerjakan tes kemampuan berpikir krtitis matematis. Data dikumpulkan melalui hasil tes tulis kemampuan berpikir kritis matematis serta hasil wawancara dengan siswa untuk memperdalam temuan yang diperoleh dari jawaban hasil tes tertulis. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis mengunakan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki hanya memenuhi satu kritena dan indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu focus. Sedangkan siswa perempuan memenuhi lima kriteria dan indikator kemampuan berpikir kritis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qois, Ummuummuqois6898@gmail.comD74217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Gender
Keywords: Berpikir kritis matematis; Higher order thinking; Gender
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ummu Qois
Date Deposited: 17 Mar 2023 00:54
Last Modified: 17 Mar 2023 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61086

Actions (login required)

View Item View Item