Makna Cadar sebagai identitas muslim berbusana syar’i di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wustqo Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ana (2023) Makna Cadar sebagai identitas muslim berbusana syar’i di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wustqo Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Maghfiroh_E91216030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelusuran makna cadar sebagai busana syar’i di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Diwek Jombang. Dimana penelusuran data dalam penelitian ini meliputi tentang aspek motif dan makna cadar yang akan peneliti ungkap dari para narasumber yang sudah ditentukan. Adapun teori yang dipakai adalah teori tindakan sosial milik Max Weber. Rumusan masalah yang digunakan: 1). Apa motif santriwati Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Diwek Jombang memakai cadar? 2). Bagaimana santriwati Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Diwek Jombang memaknai tentang penggunaan cadar bagi perempuan?. Hasil penelitian ini mendapati bahwa terdapat tiga motif yang melatarbelakangi pemakaian cadar di pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Diwek Jombang: Pertama, motif afektif, yakni dorongan emosional dari dalam diri yang merasa aman dan nyaman. Kedua, motif rasionalitas instrumental, yakni bercadar atas dasar pertimbangan yang matang untuk bisa meniru tokoh idola, dan membaur dengan circle pertemanan. Ketiga, motif rasionalitas nilai, yakni dipengaruhi oleh norma agama. Sebuah pertimbangan yang matang untuk bercadar karena menerapkan hukum wajibnya cadar dalam madzab Syafi’i yang dianut dan diyakini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Anaanamaghfiroh.01.02.03@gmail.comE91216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Anaaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Islam, Pakaian dan Perhiasan
Wanita dalam Islam
Santri
Keywords: Motif; Makna; Cadar; Busana Muslim; dan Pondok Pesantren Urwatul Wustqo Diwek Jombang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Maghfiroh
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:31
Last Modified: 27 Feb 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61087

Actions (login required)

View Item View Item