Analisis pesan dakwah dalam sholawat Burdah di Chanel Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Dini Atika (2022) Analisis pesan dakwah dalam sholawat Burdah di Chanel Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Antika Wati_B71218054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut, pertama, apa makna tanda yang terdapat dalam Sholawat Burdah di chanel youtube Maher Zain. Kedua, bagaimana makna konotatif dan denotatif pesan dakwah dalam Sholawat Burdah. Ketiga, bagaimana makna pesan dakwah dalam Sholawat Burdah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari rangkaian kegiatan pengelompokan, penafsiran, dan verifikasi data agar sebuah fenomena memiliki nilai sosial, akademis, dan ilmiah.dari teknik analisis data ini, penelitian ini menggunakan metode analisis teori semiotika mode Roland Barthes terdiri atas tanda, penanda, petanda, tanda konotasi, tanda denotasi, dan mitos. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini berupa, pertama, makna tanda yang terdapat di Sholawat Burdah di chanel youtube Maher Zain yaitu makna tanda jubah hitam sebagai obat dan memberi rahmat bahwa, sholawat burdah memiliki keutamaan sebagai sholawat meminta perlindungan dan kesembuhan kepada Alloh melalui sholawat Nabi Muhammad. Kedua, makna konotatif yang dapat diambil dari sholawat Burdah yaitu makna konotatif yang melambangkan jubah hitam Nabi Muhammmad sebagai selimut. Makna jubah hitam sebagai selimut juga memiliki makna denotatif yaitu sebagai makna sesungguhnya kita meminta rahmat dan keselamatan kepada Alloh melalui sholawat Nabi Muhammad. Ketiga, makna pesan dakwah yang terkandung dalam sholawat Burdah adalah makna pesan dakwah aqidah, akhlak, dan Syariah yang terdapat dalam tanda makna kata di dalam sholawat Burdah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Dini Atikadiniatika888@gmail.comB71218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Sholawat Burdah; Semiotik Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dini Atika Wati
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:40
Last Modified: 02 Mar 2023 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61110

Actions (login required)

View Item View Item