Usability aplikasi Sigap (Sidoarjo Tanggap) menggunakan metode Think Aloud dan System Usability Scale (SUS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farhandi, Agda Yafi (2022) Usability aplikasi Sigap (Sidoarjo Tanggap) menggunakan metode Think Aloud dan System Usability Scale (SUS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agda Yafi Farhandi_H06218005 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aplikasi Sidoarjo Tanggap merupakan aplikasi sistem informasi yang disediakan untuk masyarakat Kabupaten Sidoarjo, dan aplikasi tersebut dibuat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo. Aplikasi tersebut berguna untuk mengetahui informasi, terkait berita kejadian bencana alam, dan sebuah peristiwa yang terjadi di Kabupaten sidoarjo. Namun, berdasarkan hasil observasi melalui Google PlayStore dan melakukan observasi langsung dengan penanggung jawab aplikasi SIGAP, mendapat komentar dari pengguna terkait beberapa fitur aplikasi yang dirasa, kurang nyaman oleh pengguna saat digunakan. Sehingga, perlu dilakukan pengujian dan pengukuran tingkat usability menggunakan metode Think Aloud dan kuesioner System Usability Scale berdasarkan aspek yang ada. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif, dalam pengambilan data penelitian, data tersebut diolah dan diukur menggunakan analisis data kualitatif, uji statistik, serta rumus perhitungan dari kuesioner. Kemudian hasil olah data tersebut, menghasilkan berupa saran perbaikan pada setiap aspek untuk meningkatkan kualitas sistem aplikasi dari hasil sebelumnya dan dilakukan pengujian berkelanjutan. Hasil kualitatif tingkat usability aplikasi, mendapatkan nilai tingkat usability dengan rata-rata 70%, serta hasil kuantitatif tingkat usability aplikasi mendapatkan nilai tingkat usability dengan rata-rata 76,4%. Hasil tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah sampel yang ada pada data responden kualitatif, dan responden kuantitatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farhandi, Agda Yafiagdayf4@gmail.comH06218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id.197911132014031001
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id198808132014031001
Subjects: Tehnik Informatika
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Aplikasi Sidoarjo Tanggap Kabupaten Sidoarjo; Usability metode Think Aloud; kuesioner Usability Scale
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Agda Yafi Farhandi
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:35
Last Modified: 25 Oct 2023 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61116

Actions (login required)

View Item View Item