Kelalaian terhadap salat dalam QS. Almaun ayat 4-7: studi Komparatif Tafsir al Jami’ Li Ahkam al Quran Karya al Qurtubi dan Fi Zilal al Quran Karya Sayyid Qutb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bukhori, Moh. Syifa’ Akmaluddin (2022) Kelalaian terhadap salat dalam QS. Almaun ayat 4-7: studi Komparatif Tafsir al Jami’ Li Ahkam al Quran Karya al Qurtubi dan Fi Zilal al Quran Karya Sayyid Qutb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Syifa’ Akmaluddin Bukhori_E73219056 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salat merupakan ibadah yang wajib dijalani oleh umat Islam, dikarenakan adanya pensyariatan dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, masih menjadi perdebatan mengenai hukuman atau efek dari meninggalkannya. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya literasi yang memadai, serta argumentasi dari para mufassir yang komprehensif untuk menjawab hal ini. Menggunakan teori komparatif, penelitian ini berupaya untuk mengelaborasikan hasil dari penafsiran dua tokoh mufassir kenamaan; al-Qurt}ubi>, dan Sayyid Qut}b, atas pemaknaan kelalaian terhadap salat yang terkandung dalam QS. al-Ma’un ayat 4- 7. Yakni bagaimana pendapat kedua mufassir mengenai hal ini? Serta bagaimana persamaan dan perbedaan antara keduanya?. Menggunakan teknik deskriptifkomparatif, penelitian ini dimaksudkan memaparkan penafsiran al-Qurt}ubi>, dan Sayyid Qut}b atas QS. al-Ma’un ayat 4-7, selanjutnya dikomparasikan agar ditemukan titik persamaan dan perbedaan untuk menjawab permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa meskipun berangkat dari ayat yang sama, latar belakang, periodik, serta metode dan corak yang berbeda. al-Qurt}ubi>, dan Sayyid Qut}b memiliki pandangan yang sama. yakni al-Qurt}ubi> dan Sayyid Qut}b sama-sama memandang bahwa makna dari term “sa>hu>n” adalah lalai yang tidak fokus dalam menjalankan salat. Keduanya juga sama-sama berpendapat, bahwa orang melalaikan salat adalah mereka yang berbuat riya’, atau hanya melakukan salat ketika ada orang yang melihat, tetapi tidak melakukannya ketika sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bukhori, Moh. Syifa’ Akmaluddinsyifaakmaludin99@gmail.comE73219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Ibadah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kelalaian; salat; sahun; al Qurtubi; Sayyid Qutb
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:47
Last Modified: 27 Feb 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61119

Actions (login required)

View Item View Item