Optimalisasi halal brand dan awareness dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas produk kosmetik halal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awwaliah, Habibah (2022) Optimalisasi halal brand dan awareness dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas produk kosmetik halal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibah Awwaliah_G94217091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu sektor industri halal yang mengalami pertumbuhan positif adalah industri farmasi dan kosmetik. Hingga persaingan diantara merek kosmetik kini menjadi semakin berkembang untuk menarik minat beli konsumen. Kosmetik Wardah merupakan merek kosmetik halal yang memiliki perkembangan cukup baik dan diminati oleh para pengguna kosmetik. Salah satunya adalah kosmetik Wardah di toko Cipta Jaya Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya optimalisasi halal brand dan awareness dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas produk kosmetik halal Wardah di Toko Cipta Jaya Cosmetics Sidoarjo dan bagaimana dampak dari upaya optimalisasi halal brand dan awareness yang dilakukan oleh toko Cipta Jaya Cosmetics. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan mengugnakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya optimalisasi halal brand dan awareness yang dilakukan oleh Toko Cipta Jaya Cosmetics dapat meningkatkan minat beli dan loyalitas produk kosmetik halal Wardah adalah dengan melakukan labelisasi halal, melakukan promosi serta menerapkan 4C (Caper, Care, Closing, Cinta) dalam melayani pelanggan. Kemudian hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa upaya optimalisasi halal brand dan awareness yang dilakukan oleh toko Cipta Jaya Cosmetics dapat meningkatkan minat beli pelanggan pada produk kosmetik Wardah karena telah memenuhi empat faktor yang umumnya memengaruhi minat beli pelanggan yaitu attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), serta convication (keyakinan). Lebih lanjut minat beli pelanggan yang terus di follow up akan menciptakan adanya loyalitas konsumen terhadap produk Wardah yang ditandai dengan pembelian berulang dengan frekuensi yang cukup banyak. Saran yang bersesuaian dengan hasil penelitian adalah melakukan penjualan online di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia supaya dapat memperluas target konsumen sehingga tidak terbatas pada wilayah di sekitar toko saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awwaliah, Habibahhabibahawwalia37@gmail.comG94217091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Dagang
Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Optimalisasi; Halal Brand; Halal Awareness; Minat Beli; Loyalitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Habibah Awwaliah
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:54
Last Modified: 02 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61123

Actions (login required)

View Item View Item