Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No. 08 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik pemesanan Salad melalui Grab Food di Kedai DD Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Turmudzi, Achmad (2022) Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No. 08 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik pemesanan Salad melalui Grab Food di Kedai DD Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Turmudzi_C92215143 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis hukum Islam dan Undang-undang No. 08 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik pemesanan salad melalui Grab Food di Kedai DD Bangkalan ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana praktik pemesanan salad oleh Grab Food di Kedai DD Bangkalan dan bagaimana analisis hukum Islam dan Undang-undang No. 08 tahun 1999 terhadap pemesanan salad melalui Grab Food di Kedai DD Bangkalan.Sebagai penyedia jasa pemesanan makanan secara online, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi. Penelitian ini berdasar kepada kerangka pemikiran bahwa konsumen mendapatkan hak-hak sesuai dengan aturan yang digunakan, dalam hal ini Undang-Undang No. 08 Tahun 1999 dan Hukum Islam. Dalam pelaksanaannya, Kedai DD mendapatkan kecurangan atas pemesanan salad melalui aplikasi Grab, sedangkan dinyatakan dalam UU No. 08 Tahun 1999 bahwa konsumen berhak mendapatkan barang sesuai dengan apa yang dipesan.Penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research) di Kedai DD Bangkalan dengan Teknik pengumpulan data berdasarkan kepada wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara, dokumentasi, dokumen, buku, dan internet yang disusun dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menuturkan dan menguraikan serta menjelaskan data yang terkumpul untuk dapat membuat gambaran mengani objek penelitian secara sistematis, serta untuk menganalisa dan memecahkan masalah mengenai praktik pemesanan salad di Kedai DD melalui aplikasi Grab.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pemesanan salad di Kedai DD menggunakan akad salam dengan rukun dan syarat salam dalam pemesanan salad melalui aplikasi Grab Food tersebut telah terpenuhi. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, praktik pemesanan salad di Kedai DD belum memenuhi syarat dan rukun serta hak dan kewajiban pelaku usaha dan konsumen. Terkait kerugian yang dialami oleh konsumen kedai DD yang mendapatkan pesanan yang tidak sesuai, pihak pelaku usaha yakni Kedai DD memberikan ganti rugi atau kompensasi sesuai pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha atas komplain yang dilakukan konsumen.Saran dari penulis sebaiknya jika mengalami ketidaksesuaian barang yang dipesan, sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik. Dan untuk pihak Grabfood diharapkan bisa memberikan sanksi yang sesuai. Agar tidak terulang pada driver yang lainnya, dan supaya mematuhi norma yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Turmudzi, AchmadTurmudziahmad9@gmail.comC92215143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihudin, Muhammadmsholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Perlindungan konsumen; salam; Kedai DD; hukum Islam; Undang undang perlindungan konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Turmudzi
Date Deposited: 03 May 2023 04:07
Last Modified: 03 May 2023 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61128

Actions (login required)

View Item View Item