Wacana seksualitas di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Novita Norhismaningtyas (2022) Wacana seksualitas di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Islam Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Norhismaningtyas Fitri_I03216017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wacana seksualitas ketika diperbincangkan di ruang publik masih tabu hal ini dipengaruhi nilai agama,sosial dan lingkungan. Wacana seksualitas dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel nyatanya masih tabu, harusnya sudah tidak tabu lagi bagi kaum intelektual khususnya mahasiswa. Namun membicarakan mengenai seksualitas masih sangat minim. Bahkan jika perempuan berdiskusi mengenai seksualitas masih mendapat pandangan negative dari kaum laki-laki. Hal itu juga berlaku bagi perguruan tinggi Islam UIN Sunan Ampel yang ada di kota Surabaya. Masih sangat jarang dijumpai diskusi mengenai gender ataupun pendidikan seks. Oleh karena itu penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yakni 1) bagaimana mahasiswa mencitrakan seksualias di kalangan kampus? Dan 2)bagaimana citra perempuan dan laki-laki mahasiswa dalam wacana seksualitas? Penelitian ini bertujun untuk mengetahui: (1)citra seksualitas Mahasiswa. (2) Citra diri laki-laki dan perempuan dalam pandangan mahasiswa Uinsa. Landasan teori yang digunakan adalah teori kontruksi sosial Peter L Berger. Dimana kontruksi ketabuan seksualitas dan citra diri juga merupakan bagian dari kontruksi sosial yang telah ada sejak lama dan diyakini kebenarannya oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini berarti peneliti menggumpulkan data melalui wawancara dengan informan. Hasil dari wawancara tersebut lalu dideskripsikan dan dianalisa menggunakan teori yang telah dipilih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa Uinsa mengenai wacana seksualitas masih tabu dan citra diri yang ada didalam diri juga bagian dari kontruks budaya, sosial dan lingkungan yang telah ada sebelumnya. Dalam penelitian ini juga dideskripsikan penyebab-penyebab seksualitas masih tabu dan apa saja yang membentuk citra diri di dalam individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Novita Norhismaningtyasn.norhisma@gmail.comI03216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id197801202006041003
Subjects: Sosiologi
Seks > Seks dan Agama
Keywords: Wacana seksualitas; Citra diri; Konstruksi sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Novita Norhismaningtyas
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:15
Last Modified: 21 Mar 2023 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61129

Actions (login required)

View Item View Item