Studi komparatif metode taqti’ al-mutun analysis Muammar dengan isnad cum matn Harald Motzki: analisis hadis al-muslimu man salima al-muslimun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Syahrul (2023) Studi komparatif metode taqti’ al-mutun analysis Muammar dengan isnad cum matn Harald Motzki: analisis hadis al-muslimu man salima al-muslimun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Ramadhan_E95219099.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tulisan ini mengelaborasi dua metode penanggalan hadis dalam kerangka komparatif. Persinggungan ilmu hadis dengan ilmu sejarah menjadi persoalan yang tidak dapat dihindarkan, mengingat adanya gap pada sejarah awal islam abad pertama dan kedua hijriyah. Fakta ini mendorong para sarjana islam baik di timur maupun di barat untuk membuat suatu metode yang dapat memberikan kepastian mengenai otentisitas dari hadis-hadis Nabi. Upaya inilah yang dilakukan oleh Harald Motzki dengan mengusung metode Isnad Cum Matn, yang pada gilirannya dimodifikasi oleh Muammar dengan metodenya Taqti>’ al-Mutu>n Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan metode deskriptif komparatif. Teknik analisis data ditentukan dengan analisis konten terhadap dua literatur utama dari masing-masing metode dan penggagasnya. Tinjauan komparatif dari dua metode secara praktis diterapkan pada Hadis Al-Muslimu Man Salima al�Muslimu>n. Peneliti berpendapat metode Taqti>’ al-Mutu>n Analysis dan Isnad Cum Matn berdiri pada asumsi yang berbeda secara mendasar, yakni pada pandangan mengenai syarat dan kriteria common link dalam kajian sanad, dan transmisi single strand sebagai pembanding dalam kajian matan. Hal ini menunjukkan paradigma Barat dan Muslim terhadap hadis Nabi masih belum dapat didamaikan secara penuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Syahrulramadhansyahrul033@gmail.comE95219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hadis
Keywords: Penanggalan hadis; common link; single strand; otentisitas; Motzki; Muammar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Syahrul Ramadhan
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:13
Last Modified: 02 Mar 2023 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61132

Actions (login required)

View Item View Item