Pesan Akhlaq dalam lirik lagu "Dealova" Opick

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyono, Erdin Eko Nur (2023) Pesan Akhlaq dalam lirik lagu "Dealova" Opick. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erdin Eko Nur Cahyono_B01219011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam Skripsi ini adalah : bagaimanakah pesan akhlak dalam lirik lagu Dealova karya Opick. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pesan akhlak dalam lirik lagu Dealova karya Opick berdasarkan analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Untuk mengidentifikasikan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kemudian data yang diperoleh melalui dokumen penulis analisis dengan menggunakan metode analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pesan akhlak dalam lirik lagu Dealova karya Opick yaitu taqarrub ilallah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT, pemaknaan yang terdapat dalam tiap lirik lagu Dealova karya Opick tentang seorang hamba yang cinta kepada Allah SWT, berharap menjadi hamba yang selalu beribadah serta menjalankan perintah-perintah Nya dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT. Lagu Dealova juga memberikan penjelasan bagi kita jika kita sedang berputus asa dalam menjalani kehidupan, kita tidak boleh menyerah karena kita masih mempunyai Allah SWT yang akan selalu memberikan jalan petunjuk kepada hamba-hamba Nya. Rekomendasi dalam skripsi ini agar ke depannya dapat menjadi acuan kepada peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji skripsi tentang pesan akhlak yang terdapat dalam lirik lagu Dealova karya Opick dengan metode analisis yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyono, Erdin Eko Nurerdincahyono123@gmail.comB01219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Akhlak
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Pesan Akhlak; lirik; Semiotik Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Erdin Cahyono
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:34
Last Modified: 06 Mar 2023 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61143

Actions (login required)

View Item View Item