Komunikasi dan kekerasan dalam rumah tangga selama masa pandemi: studi di Perumahan Griya Abadi RT 05 Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Ira Ayu (2023) Komunikasi dan kekerasan dalam rumah tangga selama masa pandemi: studi di Perumahan Griya Abadi RT 05 Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ira Ayu Kumalasari_B75218063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 ini memberikan dampak dalam kehidupan bermasyarakat, mulai dari bidang pendidikan hingga perekonomian semua terkena imbasnya. Sehingga banyak hal yang dilakukan dari rumah seperti bekerja dari rumah, sekolah dan kegiatan lainnya yang secara tidak langsung akan banyak interaksi yang terjadi dalam rumah. Pada hakikatnya manusia membutuhkan komunikasi agar saling terhubung satu sama lain, dengan komunikasi ini nantinya dapat memudahkan mereka dalam berinteraksi dimanapun berada. Penelitian yang dilakukan membahas bagaimana komunikasi dan solusi yang dilakukan warga perumahan Griya Abadi RT 05 terhadap penanganan komunikasi dan kekerasan rumah tangga selama masa. Tujuannya untuk mengetahui komunikasi yang terjadi dalam rumah tangga dan cara mengatasi terjadinya KDRT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, sumber data yang didapatkan dengan wawancara mendalam pada warga perumahan Griya Abadi RT 05 Bangkalan dan data penunjang lainnya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori penetrasi social. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa komunikasi yang terjadi selama masa rumah tangga rumah mengalami peningkatan dan dengan komunikasi yang baik dapat mencegah terjadi kekerasan dalam rumah tangga selama masa pandemi. Untuk mencegah hal tersebut tentu diimbangi dengan memberikan kasih sayang dan perhatian ketika berinterkasi dalam rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Ira Ayukumalasariiraayu180799@gmail.comB75218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id2018118301
Subjects: Komunikasi
Keywords: KDRT; kekerasan dalam rumah tangga; rumah tangga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ira Ayu Kumalasari
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:34
Last Modified: 08 Jun 2023 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61146

Actions (login required)

View Item View Item