Analisis kepuasan pengguna fitur investasi tokopedia berdasarkan customer relationship management dengan metode customer satisfaction index dan importance performance analysis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrian, Heidie Akbar (2023) Analisis kepuasan pengguna fitur investasi tokopedia berdasarkan customer relationship management dengan metode customer satisfaction index dan importance performance analysis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heidie Akbar Febrian_H96218059 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Heidie Akbar Febrian_H96218059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management adalah integrasi teknologi dan proses bisnis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama interaksi tertentu, maka melakukan analisis kepuasan pengguna adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah Manajemen Hubungan Pelanggan berjalan dengan baik atau tidak. Pada penelitian ini fitur investasi Tokopedia sebagai fitur yang unik yang dimiliki oleh platform e-commerce terbesar akan dianalisis kepuasan penggunanya berdasarkan Manajemen Hubungan Pelanggan untuk mengetahui seberapa puas pengguna atas kinerja dari perusahaan. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah customer satisfaction index untuk mengetahui nilai kepuasan keseluruhan dari Manajemen Hubungan Pelanggan fitur investasi Tokopedia dan Importance Performance Analysis untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja perusahaan dan kepentingan atribut menurut pengguna. Hasil penelitian ini didapati bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap customer relationship management tersebut adalah sebesar 77,Z78% dan termasuk dalam kategori puas. Sedangkan untuk tingkat kesesuaian antara kinerja perusahaan dan tingkat kepentingan atribut menurut pengguna adalah sebesar 101% yang berarti sudah sangat sesuai. Tetapi dari hasil tersebut juga dijelaskan ada atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya dan adapula atribut yang kinerjanya perlu diperbaiki agar nilai tingkat kesesuaian lebih sesuai lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrian, Heidie AkbarHeidiakbar@gmail.comH96218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi,, Yusuf.yusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Ekonomi
Manajemen Informasi
Etika
Keywords: Manajemen Hubungan Pelanggan; Investasi; Tokopedia; Kepuasan Pengguna; Kinerja Perusahaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Heidie akbar
Date Deposited: 27 Dec 2023 06:56
Last Modified: 27 Dec 2023 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61151

Actions (login required)

View Item View Item