Terapi sholawat Thibbil Qulub dalam mengatasi kecemasan masa depan seorang ibu di Pandaan Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainuriyah, Anastasya Rif'atul (2023) Terapi sholawat Thibbil Qulub dalam mengatasi kecemasan masa depan seorang ibu di Pandaan Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anastasya Rif'atul Ainuriyah_B03219007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terapi sholawat thibbil qulub dalam mengatasi kecemasan masa depan seorang ibu dan untuk mengetahui bagaimana hasil perubahan setelah diberi perlakuan terapi sholawat thibbil qulub. Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan yakni analisis dekriptif untuk menganalisis fenomena tersebut. Proses konseling dilakukan melalui 5 tahapan yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi atau follow up. Hasil perubahan konseli setelah dilakukan terapi sholawat thibbil qulub dalam mengatasi kecemasan masa depan seorang ibu di Pandaan Pasuruan dikatakan berhasil dengan didapatkan presentase sebesar 71%. Hal ini juga dilihat berdasarkan perubahan yang dialami konseli setelah dilakukannya terapi, jika sebelumnya konseli sering merasakan gejala fisiologis muncul ketika ia merasa cemas namun kini gejala itu sudah tidak pernah muncul lagi. Kini konseli juga menjadi individu yang lebih fokus dan sudah tidak pernah memiliki pemikiran negatif lagi akan masa depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainuriyah, Anastasya Rif'atulrifatulanastasya@gmail.comB03219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdul--2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah - Islam
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Terapi Sholawat Thibbil Qulub; Kecemasan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anastasya Rif'atul Ainuriyah
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:30
Last Modified: 02 Mar 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61152

Actions (login required)

View Item View Item