Realitas dakwah dalam konten instagram NU online Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musdalifah, Intan (2023) Realitas dakwah dalam konten instagram NU online Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Musdalifah_02040721010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang segala potret dakwah yang terkandung dalam konten instagram NU Online Jawa Timur. Peneliti menggunakan jenis penelitian analisis wacana Norman Fairclogh, yang menekankan pada tiga elemen yang menjadi kunci dalam analisis teks media, yaitu teks, praktik diskursif dan praktik sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Data yang terkumpul kemuadian dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan. Penulis menggunakan pisau analisis wacana kritis karya Norman Fairclough untuk membongkar praktik wacana dengan teori Narasi dan teori Semiotika. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu Bagaimana nilai sosial keagamaan dalam wacana Instagram NU Online Jawa Timur. Serta Bagaimana implisit ideologi dalam wacana instagram NU Online Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan realitas dakwah dalam konten instagram memiliki beberapa wacana yang terkandung yaitu wacana yang mengandung nilai keIslaman, nilai sufisme, nilai kebudayaan, nilai pembaharuan pemikiran, nilai pluralistik, serta nilai feminisme. Ideologi yang terkandung dalam konten instagram NU Online Jawa Timur adalah ideologi sufisme, ideologi pluralistik serta ideologi feminisme. Peneliti membatasi masalah pada postingan akun NU Online Jawa Timur selama periode bulan Ramadhan (April-Mei 2022), dengan total sembilan konten.Penelitian ini hanya meneliti mengenai Pesan dakwah yang terprotet dalam konten Instagram NU Online Jawa Timur serta nilai sosial keagamaan yang terkandung dalam konten instagram NU Online Jawa Timur. Sehingga perlu adanya lanjutan penelitian untuk membongkar cara produksi konten secara mendalam, persentase jumlah respon khalayak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musdalifah, Intanintanmusdalifah561@gmail.com02040721010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agus Moham.moefad@uinsby.ac.id2025087002
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Nahdlatul Ulama
Keywords: Realitas dakwah; konten instagram; nilai sosial keagamaan; Nahdlatul Ulama
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Intan Musdalifah
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:44
Last Modified: 02 Mar 2023 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61154

Actions (login required)

View Item View Item