Efektifitas permainan Rainbow Launcher terhadap peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Lilis (2022) Efektifitas permainan Rainbow Launcher terhadap peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilis Badriyah_D79218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Efektifitas Permainan Rainbow Launcher Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok Lamongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universita Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kata Kunci: Rainbow, Launcher, Mengenal, Warna. Berangkat dari permasalahan peserta didik di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok Lamongan dengan kemampuan mengenal warna yang rendah dibanding dengan peserta didik lain yang seusia dengan mereka 4-5 tahun permasalahan ini yang kemudian melatar belakangi penelitian ini. Dari 47 anak, terhitung 24 anak menyebutkan warna tidak sesuai dengan nama warna yang sebenarnya, tidak tahu sama sekali dan ada juga yang semua salah. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengukur kefektivan dari permainan rainbow launcher dalam pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 40 Brengkok Lamongan. Untuk kemudian dapat digunakan dengan maksimal dan bermanfaat bagi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal warnan pada anak usia dini kedepannya. Pada penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan menggunakan model penelitian pre-eksperimental dan jenis penelitiannya adalah one shot case study. Subyek yang digunakan adalah peserta didik kelompok bermain, kelompok A1 dan A2 yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini memiliki 3 proses, diantaranya yaitu tahap pre test, tahap penerapan treatment, dan tahap post test. Data yang dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat efektivitas dari permainan Rainbow Launcher untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Bustanul Athal 40 Brengkok Lamongan. Hasil dari pre test dan post test menunjukkan nilai perubahan yang signifikan sebesar 0,000 yang artinya Ho ditolak sedangakn Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Lilislilisbadr02@gmail.comD79218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMualifah, Ilunilun.muallifah@uinsby.ac.id2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahyaaziz@uinsby.ac.id2029087204
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Rainbow; Launcher; Mengenal; Warna.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: lilis badriyah
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:52
Last Modified: 05 Jul 2023 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61159

Actions (login required)

View Item View Item