Pemberdayaan pemuda jami'iyah hadrah ifadus syubban melalui pemanfaatan limbah kayu di kampung Bulak Jaya Kecamatan Semampir Kelurahan Wonokusumo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alaauddin, Alaauddin (2022) Pemberdayaan pemuda jami'iyah hadrah ifadus syubban melalui pemanfaatan limbah kayu di kampung Bulak Jaya Kecamatan Semampir Kelurahan Wonokusumo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alaauddin_B92217092.pdf

Download (32MB)

Abstract

Di kampung bulak jaya kelurahan Wonokusumo ditemukan limbah kayu yang berasal dari pengrajin lemari, limbah serbuk kayu tersebut disiasikan dan dibakar jika sudah menumpuk, hal inilah yang menjadi sorotan peneliti untuk memanfaatkan limbah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat melalui potensi dan kerakteristik limbah kayu untuk dijadikan beberapa karya karya yang bisa menghasilkan uang bagi masyarakat Manfaat limbah kayu untuk menghasilkan beberapa karya seni iyalah memiliki ukuran limbah yang berbeda-beda yaitu tergantung dengan kayu yang mengahasilkan limbah. Metode yang digunakan dalam dampingan ini adalah Asset Based Community, Development (ABCD). diantaranya: discovery (menemukan), dream (mimpi), design (merancang), define (menentukan), destiny (memastikan). Limbah serbuk kayu bisa digunakan untuk media kreatif seperti pembuatan kaligrafi dan lain sebagainya. Dalam hal ini peneliti mengajak pemuda setempat untuk memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan seni kreatif berupa kaligrafi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alaauddin, Alaauddinuddinaladin@gmail.comB92217092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemberdayaan; limbah kayu; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alaauddin Uddin Abdsalam
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61173

Actions (login required)

View Item View Item