Evaluasi penerapan relaksasi pembiayaan pada produk BSI oto selama pandemi covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Ardhi Seiva (2022) Evaluasi penerapan relaksasi pembiayaan pada produk BSI oto selama pandemi covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardhi Seiva Ahmad_G94218158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Evaluasi Penerapan Relaksasi Pembiayaan Pada Produk BSI OTO Selama Pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian” merupakan penelitian kualitatif terkait dengan penerapan relaksasi pembiayaan produk BSI OTO selama pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian dan evaluasi penerapan relaksasi pembiayaan produk BSI OTO selama pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada objek yang diteliti. Adapun pendekatan penelitian studi kasus yang digunakan dalam evaluasi pada penelitian ini adalah studi kasus eksplanatori mengenai pelaksanaan program (program implementation case study). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung kepada informan kunci. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik pattern matching (penjodohan pola). Peneliti akan mencocokan atau membandingkan proposisi peneliti dengan empiris, sehingga hasil yang didapatkan dapat menguatkan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan relaksasi pembiayaan produk BSI OTO oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian pada nasabah yang terdampak pandemi Covid-19 melalui rescheduling pembiayaan. Nasabah yang terdampak akan diberikan keringanan nominal angsuran pembiayaan sesuai dengan kemampuan membayarnya. Penerapan relaksasi pembiayaan yang dilakukan oleh pihak bank berjalan secara efektif dalam mengatasi permasalahan pembiayaan akibat pandemi Covid-19. Keberhasilan tersebut tercermin bahwasanya rasio NPF (Non Performing Finance) Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian pada masa pandemi tetap terjaga dalam kondisi sehat yakni tidak melebihi batas ideal sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sidoarjo Krian agar lebih berhati-hati dan teliti dalam pemberian relaksasi pembiayaan pada kondisi yang tidak dapat diprediksi. Sehingga pihak bank dapat terhindar dari meningkatnya rasio pembiayaan bermasalah yang dihadapi pihak bank. Sementara itu, bagi penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat melakukan riset lebih lanjut yang berkaitan dengan variabel yang belum diteliti guna untuk menyempurnakan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Ardhi Seivaseivanakarjog@gmail.comG94218158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Relaksasi pembiayaan; Bank Syariah Indonesia (BSI); pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ardhi Seiva Ahmad
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:30
Last Modified: 06 Mar 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61178

Actions (login required)

View Item View Item