Bahasa dan citra dalam retorika empat gubernur pada akun Instagram: pendekatan retorika Aristoteles

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyanti, Mei Putri (2023) Bahasa dan citra dalam retorika empat gubernur pada akun Instagram: pendekatan retorika Aristoteles. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Putri Priyanti_A04219010 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui retorika dan pola konstruksi bahasa yang digunakan oleh empat Gubernur dalam akun Instagram pribadinya. empat Gubernur tesebut ialah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Parawansa. Penelitian ini akan menjabarkan beberapa jenis retorika dan pola kontruksi bahasa yang digunakan oleh keempat Gubernur tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah retorika yang dikemukakan oleh Aristoteles. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik membaca bebas dan catat sehingga penulis tidak ikut serta dalam kegiatan berkomunikasi dan hanya menjadi pembaca saja. Selanjutnya untuk hasil analisis data akan dijabarkan dalam bentuk gambar dan kalimat yang menggambarkan objek penelitiannya dengan cara naratif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan tiga jenis retorika yang digunakan oleh empat Gubernur yaitu retorika deliberatif, retorika yuridis dan retorika demonstratif. Adapun pola konstruksi bahasa yang digunakan akan mengacu pada gaya bahasa yang terdapat pada gaya retorika yaitu gaya bahasa resmi, gaya bahasa tidak resmi dan gaya bahasa percakapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyanti, Mei Putrimeiputripriyanti@gmail.comA04219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED2006067301
Subjects: Retorika
Keywords: Retorika; gubernur; personal branding
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:29
Last Modified: 07 Mar 2023 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61195

Actions (login required)

View Item View Item