Analisis moderasi technostress pada keberlangsungan penggunaan buku digital (e-book) menggunakan expectation confirmation model (ECM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Muhammad Al (2023) Analisis moderasi technostress pada keberlangsungan penggunaan buku digital (e-book) menggunakan expectation confirmation model (ECM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Al Fikri_H06216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

E-book merupakan salah satu media pembelajaran yang hadir seiring dengan perkembangan zaman khususnya pada sektor pendidikan. Keberadaan e-book menjadi pertanyaan apakah versi digital lebih bermanfaat dibandingkan versi cetaknya. Diantara beragam manfaat yang didapatkan, e-book dinilai dapat berdampak negatif berupa stress. Penelitian ini mengusulkan technostress sebagai kondisi batas dan gender untuk memoderasi pengaruh hubungan dari manfaat yang dirasakan dan kepuasan terhadap keberlanjutan penggunaan e book. Metode proportionate stratified random sampling dipilih berdasarkan penyesuaian kondisi populasi pada sampel. Menggunakan model pengujian Expectation Confirmation Model (ECM) yang di ujikan kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya melalui 202 responden. Hasil menunjukan bahwa manfaat yang dirasakan dan kepuasan memiliki pengaruh hubungan yang signifikan terhadap keberlanjutan penggunaan. Pada variabel moderator technostress ditemukan efek positif memoderasi hubungan manfaat yang dirasakan pada keberlanjutan penggunaan. Ditemukan efek negatif moderasi technostress pada hubungan antara kepuasan dengan keberlanjutan penggunaan. Sementara variabel moderator gender tidak ditemukan adanya pengaruh moderasi hubungan secara signifikan. Keberlangsungan penggunaan e-book pada mahasiswa menunjukan bahwa kepuasan dan manfaat yang dirasakan adalah variabel yang signifikan. Efek positif dari moderasi technostress menunjukan kondisi dimana mahasiswa yang mengalami technostress dapat mengurangi manfaat yang dirasakan dari keberlangsungan penggunaan e-book. Efek negatif dari moderasi technostress menunjukan kondisi dimana mahasiswa yang mengalami technostress tidak mengurangi rasa kepuasan terhadap keberlangsungan penggunaan e-book. Moderasi gender tidak menunjukan bahwa mahasiswa laki-laki memiliki efek yang lebih kuat terhadap faktor manfaat yang dirasakan, kepuasan, dan keberlanjutan penggunaan e-book.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Muhammad Alalfikri1009@gmail.comH06216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: e-book; manfaat yang dirasakan; kepuasan; penggunaan berlanjut; technostress
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: muhammad al fikri
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:15
Last Modified: 06 Mar 2023 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61201

Actions (login required)

View Item View Item