Nasionalisme menurut mufasir dalam alquran: studi komparasi tafsir faid al-rahman dan al-ibriz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irsyad, Muhammad (2023) Nasionalisme menurut mufasir dalam alquran: studi komparasi tafsir faid al-rahman dan al-ibriz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Irsyad_E03217034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nasionalisme menjadi sebuah perwujudan untuk menyayangi bangsa dan negeri dengan tujuan bersama mencapai kemakmuran dan kekuatan bangsa sebagai bentuk upaya dalam semangat kebangsaan, sebagaiman Indonesia mengalami perkembangan tentang nasionalisme yang diduduki selama berabad-abad oleh penjajahan belanda. Upaya dalam mengembalikan tanah kelahiran kemudian menjadi bentuk penyikasaan dan tekanan yang melahirkan nasionalisme. Alquran juga memberi gambaran terhadap nasionalisme yang kemudian menjadi dasar dalam Islam yang memiliki kedudukan setara dengan kecintaan terhadap agama, sebagaimana nabi Muhammad menyatukan setiap suku dari penduduk Madinah dengan perjanjian piagam Madinah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Negara kebangsaan yang hadir sebagai landasan bentuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Unsur-unsur nasionalisme dapat ditemukan dalam Alquran sebagaimana mufasir nusantara menanamkan nasionalisme dalam karya tafsir seperti Sholeh Darat denan tafsir Faid} al-Rah}ma>n dan Bisri Musthofa dengan tafsir al-Ibri>z. pendekatan muqaran digunakan agar dapat mengkaji lebih dalam dari kedua tokoh mufassir dalam pandangan terhadap masionalisme. Nilai nasionalisme dalam tafsri Faid} al-Rah}ma>n menjadi awal mula perpaduan budaya local Arab Jawa dengan menggunakan bahasa Jawa dalam penafirannya yang mana menjadi sebuah symbol anti penjajah karena larangan penggunaan tulisan latin. Sebagai alat bantu untuk dapat memahami isi kandungan Alquran dan menjaga budaya Jawa sehingga bahasa dan tradisi Arab pegon tetap terjaga. Sedangkan, dalam tafsir al-Ibri>z menghadirkan nilai-nilai nasionalisme dalam setiap karyanya dengan unsur perjuangan dan memebela tanha air. Menjadi penggerak dalam membela tanah air dengan ide dan orasi perjuangan untuk kesejahteraan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irsyad, Muhammadirmuhammad98@gmail.comE03217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nasionalisme; Sholeh Darat; Bisri Musthofa; Muqaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: muhammad muhammad irsyad
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:31
Last Modified: 09 Mar 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61218

Actions (login required)

View Item View Item