Analisis servqual pada program pemberdayaan ekonomi dalam upaya meningkatkan pendapatan mustahik: studi kasus pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujib, Muhamad (2023) Analisis servqual pada program pemberdayaan ekonomi dalam upaya meningkatkan pendapatan mustahik: studi kasus pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Mujib_02040320033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program pemberdayaan ekonomi yang dianalisis pada tesis ini bernama Bunda BISA yang diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Lamongan. Tesis ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskrptif dan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL). Teknik pengumpulan data pada tesis ini menggunakan teknik kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari tesis ini menunjukkan bahwa hanya terdapat satu dimensi pelayanan yang telah memenuhi harapan mustahik yaitu dimensi emphaty dimana dimensi tersebut memiliki dua item yaitu apakah program Bunda BISA telah sesuai dengan kebutuhan mustahik dan apakah masukan yang diberikan dari program Bunda BISA telah sesuai dengan yang dibutuhkan mustahik atau belum. Sedangkan untuk pelayanan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, dan assurance belum memenuhi harapan mustahik. Program pemberdayaan Bunda BISA memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatn mustahik. Dari 20 mustahik sebanyak 19 mustahik telah merasakan peningkatan pendapatan dan hanya satu mustahik yang belum merasakan peningkatan pendapatan melalui program Bunda BISA. Mayoritas mustahik mendapatkan peningkatan pendapatan sebesar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. Kendala yang dialami mustahik dalam mengikuti program Bunda BISA yaitu ketidakpastian waktu pelaksanaan program, kurangnya kuantitas pelaksanaan pembinaan program, dan kemampuan wirausaha mustahik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujib, Muhamadmuhamadmujib212@gmail.com02040320033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ahmad ALiaaarifin07@gmail.com2014126201
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keywords: Service Quality; pemberdayaan ekonomi; Pendapatan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Mujib
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:59
Last Modified: 08 Mar 2023 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61227

Actions (login required)

View Item View Item