Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan terbentuknya kerajaan kerajaan Islam di Pulau Jawa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Septi Dwi Nur (2023) Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan terbentuknya kerajaan kerajaan Islam di Pulau Jawa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septi Dwi Nur Aini_A92217085 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Runtuhnya kerajaan Majapahit dan terbentuknya kerajaan-kerajaan Islam di Pulau Jawa”. Fokus pembahasannya adalah: 1.) Bagaimana latar belakang kemunduran kerajaan Majapahit? 2.)Bagaimana proses Islamisasi di Nusantara? 3.)Bagaimana terbentuknya kerajaan – kerajaan Islam di Pulau Jawa? Skripsi ini menggunakan pendekatan sejarah diakronik dibantu dengan teori sejarah Challenge and Response yaitu ilmu yang mempelajari tentang sebuah peristiwa yang akumulasinya sejarah karena adanya tantangan dari alam dan cara manusia meresponnya. Serta tantangan dari alam dan cara manusia meresponnya serta tantangan yang dihadapi oleh suatu Negara yang tentu disana terdiri dari sekumpulan banyak manusia dan dan respon nrgara terhadapnya. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Heuristik (Pengumpulan Data), Verifikasi (Kritik,data), Interpretasi (Penafsiran data), Historiografi (Penulisan Sejarah). Kesimpulan skripsi ini antara lain : 1.) Runtuhnya Majapahit antara lain karena faktor pendorong dari dalam perebutan kekuasaan dan faktor pendorong dari luar pemberontakan kesultanan Demak. 2.) Proses Islamisasi Agama Islam dilakukan melalui media pendidikan dengan dibangunnya Masjid dan Pondok Pesantren oleh para tokoh Walisongo. 3.) Terbentuknya kerajaan Islam yang pertama setelah runtuhnya kerajaan Majapahit adalah Kesultanan Demak pada akhir abad ke 15 atau pada tahun 1478 M yang dipimpin Raden Patah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Septi Dwi Nurseptidwinuraini09@gmail.comA92217085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Majapahit; Walisongo; Kesultanan Demak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:16
Last Modified: 07 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61229

Actions (login required)

View Item View Item