Analisis strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat menabung produk tabungan simpel iB di PT BPR Syariah Madinah Lamongan perspektif Hermawan Kartajaya dan Syakir Sula

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ayu Ika (2023) Analisis strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat menabung produk tabungan simpel iB di PT BPR Syariah Madinah Lamongan perspektif Hermawan Kartajaya dan Syakir Sula. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Ika Lestari_G04219013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran syariah adalah suatu kegiatan atau cara yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk merencanakan dan bertujuan agar mendapatkan keuntungan sekaligus keberkahan dalam melakukan kegiatan pemasarannya sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah produk Tabungan SimPel iB yang digunakan oleh PT BPR Syariah Madinah Lamongan serta pengimplementasian strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan minat menabung nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti langsung pada suatu objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan melibatkan rangkaian kegiatan yaitu, penyusunan pertanyaan, pengajuan pertanyaan kepada narasumber, mengumpulkan data, serta menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah yang digunakan oleh PT BPR Syariah Madinah Lamongan adalah dengan menerapkan nilai-nilai yang ada pada karakteristik pemasaran syariah. Karakteristik pemasaran syariah tersebut terdiri dari Teistis (rabbaniyah), Realistis (al-waqi’iyah), Etis (akhlaqiyyah), dan Humanistis (insaniyyah). Sehingga PT BPR Syariah Madinah Lamongan dapat meningkatkan minat nasabahnya untuk menabung pada produk Tabungan SimPel iB.Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak PT BPR Syariah Madinah Lamongan agar pihak BPRS Madinah lebih meningkatkan strategi pemasaran syariah pada Tabungan SimPel iB agar tidak tertinggal terhadap Tabungan SimPel lainnya yang ada di bank syariah lainnya maupun bank konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ayu Ikaayuikalstr15@gmail.comG04219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsby.ac.id199001092019032014
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Strategi pemasaran syariah; tabungan SimPel iB; peningkatan jumlah nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Ika Lestari
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:04
Last Modified: 09 Mar 2023 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61231

Actions (login required)

View Item View Item