Hubungan academic self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan tingkat stres akademik siswa di SDI Siti Hajar dan MI Islamiyah Rejomulyo Kota Madiun pada pembelajaran tatap muka terbatas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ryan Eka (2022) Hubungan academic self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan tingkat stres akademik siswa di SDI Siti Hajar dan MI Islamiyah Rejomulyo Kota Madiun pada pembelajaran tatap muka terbatas. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ryan Eka Rahmawati_02041020014.pdf

Download (946kB)

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pendidikan di era new normal. Pelaksaan pembelajaran ini secara bergiliran dengan menetapkan beberapa syarat seperti adanya shifting di dalam kelas dan pembatasan jumlah maksimal peserta didik per ruangan kelas. Selain itu, terdapat beberapa syarat lain yang wajib dilaksanakan dalam pelaksanaan pembelajaran PTMT. Pertama, seluruh tenaga kependidikan telah melakukan vaksinasi. Kedua, jam pelajaran selama satu pertemuan dibatasi. Ketiga, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara self efficacy dengan tingkat stres akademik siswa, mengetahui hubungan antara self efficacy dengan persepsi siswa tentang kompetensi pedadogik guru, mengetahui hubungan self efficacy, persepsi siswa tentang kemampuan kompetensi pedagogik guru dengan tingkat stres akademik siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pelaksaan penelitian ini di dua sekolah yaitu, SDI Siti Hajar dan MI Islamiyah Rejomulyo, Kota Madiun. Subjek penelitian ini berjumlah 127 siswa di kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan regresi liner berganda.Hasil penelitian menyebutkan bahwa Pertama, hubungan self efficacy academic dengan tingkat stres akademik siswa memiliki hubungan yang yang kuat yaitu sebesar 0.668. Tingkat keeratan hubungan memiliki nilai positif, artinya jika nilai ASE mengalami kenaikan maka nilai stres juga akan mengalami kenaikan. Kedua, hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan tingkat stres akademik memiliki hubungan kriteria kuat yaitu sebesar 0.642. Sehingga tingkat keeratan hubungan memiliki nilai positif, artinya jika nilai persepsi mengalami kenaikan maka nilai stres juga akan mengalami kenaikan. Ketiga, 3.Hubungan academic self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan tingkat stres akademik secara simultan terdapat hubungannya. Didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung sebesar 26.304 > F tabel sebesar 3.171 yang artinya variabel independen berupa academic self efficacy dan persepsi memiliki hubungan terhadap tingkat stress akademik siswa. Sehingga kedua variabel dependen tersebut memberikan pengaruh terhadap variabel independen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ryan Ekaryaneka029@gmail.com02041020014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Anak
Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Academic self efficacy; persepsi siswa; stres akademik; Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ryan Eka Rahmawati
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:43
Last Modified: 21 Mar 2023 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item View Item