Manajemen pengelolaan wakaf produktif dengan model enterpreneurship di Pondok Pesantren Yatim Indonesia Metatu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Dandy Wahyu (2020) Manajemen pengelolaan wakaf produktif dengan model enterpreneurship di Pondok Pesantren Yatim Indonesia Metatu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.

[img] Text
Dandy Wahyu Darmawan_C87215018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Dengan Model Enterpreneurship Di Pondok Pesantren Yatim Indonesia Metatu Gresik” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana manajemen pengelolaan wakaf produktif di Pondok Pesantren Yatim Indonesia dan bagaimana efektifitas manajemen pengelolaan wakaf produktif dengan model enterpreneurship di Pondok Pesantren Yatim Indonesia. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan wawancara secara langsung kepada informan, yakni pengurus Pondok Pesantren Yatim Indonesia. Kedua dengan cara pengumpulan data berupa laporan dana wakaf pertahun, visi misi, struktur organisasi, dan dokumen program kerja pertahun. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi pengelolaan aset wakaf produktif di Pondok Pesantren Yatim Indonesia mempunyai beberapa model, diantaranya adalah aset wakaf tanah dan hewan ternak yang dikembangkan sebagai wakaf produktif. Perkembangan wakaf di Pondok Pesantren Yatim Indonesia terus meningkat di setiap tahunnya, mulai tahun 2006 sampai tahun 2018. Pondok Pesantren Yatim Indonesia berhasil mengembangkan aset wakaf yang semula hanya berupa lahan kosong dan 6 ekor kambing sekarang menjadi puluhan ekor kambing dan beberapa model usaha yang berhasil di kembangkan sebagai wadah pelatihan leadership dan enterpreneurship bagi para santri di Pondok Pesantren Yatim Indonesia. Dari beberapa model pengelolaan aset wakaf di Pondok Pesantren Yatim Indonesia Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Yatim Indonesia dalam melakukan pengelolaan wakaf produktif dengan menggunakan fungsi manajemen POAC (Planing, Organizing, Actuality, Controlling) telah memberikan dampak bagi kemaslahatan umat. Salah satu dampak kemaslahatan umat yakni pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dan ibadah yang dihasilkan dari wakaf hewan ternak yang dikelola oleh santri yatim dan manfaatnya untuk santri yatim di Pondok Pesantren Yatim Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Dandy Wahyudandyashter@gmail.comC87215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqimin@gmail.com2004047405
Subjects: Manajemen
Pesantren
Wakaf
Keywords: Manjamen; waqaf; pesantren
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: dandy wahyu darmawan
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:18
Last Modified: 10 Mar 2023 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61251

Actions (login required)

View Item View Item