Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran: studi UMKM di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rilando, Yusril Alfalah (2022) Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran: studi UMKM di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusril Alfalah Rilando_G73217097 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelaku usaha UMKM di Sidoarjo yang terbagi dalam 18 kecamatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjawab dan menganalisis pertanyaan yang berhubungan dengan pengaruh orinetasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM di Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, metode pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada responden UMKM Sidoarjo di 18 kecamatan yang telah ditentukan. Hasil analisis menggunakan software SPSS versi 25 dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Uji dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa inovasi produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran, sedangkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran UMKM di sidoarjo. Hasil uji simultan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar, orientais kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM di Sidoarjo. Peneliti selanjutya dapat menggunakan variabel lain yang berkaitan dengan kinerja pemasaran yang belum digunakan oleh peneliti dengan dasar acuan hasil Uji R Square sebesar 42,5% dalam penelitian ini yang mana masih terdapat variabel lain yang mampu menjelaskan varaibel kinerja pemasaran seperti kualitas pelayanan, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rilando, Yusril Alfalahalfalahyusril@gmail.comG73217097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Pemasaran
Wirausaha
Keywords: Orientasi pasar; orientasi kewirausahaan; inovasi produk; kinerja pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:14
Last Modified: 10 Mar 2023 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61258

Actions (login required)

View Item View Item