Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam penerapan program enterpreneurship santri di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naim, Muhammad Ainun (2023) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam penerapan program enterpreneurship santri di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ainun Naim_02040820047.pdf

Download (32MB)

Abstract

Pendidikan yang diperlukan yaitu mampu mencetak santri yang menguasai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun pada realitanya, pendidikan hanya mengutamakan aspek kognitifnya saja. Hal ini ternyata berdampak pada output pendidikan dimana santri belum siap dalam menghadapi realita sosial yang ada di masyarakat setelah lulus dari pondok. Untuk itu, peneliti tertarik pada lembaga pendidikan yang mampu mengaplikasikan pembelajaran kepada santri untuk menguasai ketiga aspek tersebut dengan menerapkan program entrepreneurshipdengan menanamkan nilai-nilai Islam juga sehingga mampu menyiapkan output pendidikan yang siap menghadapi kehidupannya dimasa mendatang dengan bekal yang kuat secara profesional dan memiliki kepribadian yang kuat. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk memahami, menganalisis, dan mendeskripsikan Nilai - Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapanprogram Entrepreneurship Santri Di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Sidoarjo. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pondok Pesantren Tanwirul Afkar ini memiliki konsep yang dimiliki, Yaitu selling (bisa berjualan), marketing (bisa memasarkan produknya sendiri), dan branding (memberi merk produknya) kesemuanya dianjurkan agar santri mampu untuk meneladani konsep wirausaha Rasul dan para sahabatnya. Pelaksanaan pembelajarannya untuk pemberian materi disampaikan oleh guru dan ustad/ustadzah menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Untuk prakteknya santri langsung berjualan. Teori dan praktek serta pengecekan pembukuan hasil jualan santri. Penilaian yang diambil bukanlah hanya terfokus pada nilai hasil akhir saja, tetapi penilaian juga berfokus pada proses dan keseharian santri, (2) Nilai-nilai Islam dalam penerapa program entrepreneurship ini dapat ditemukan dari cerminan sikap santri. Adapun beberapa nilai-nilai Islam dalam entrepreneur ini diantaranya yaitu terdiri dari nilai Ilahiyah dan Insaniyah. Nilai Ilahiyah terbagi menjadi beberapa nilai diantaranya yaitu keimanan, ubudiyah, dan muamalah. Sedangkan pada nilai Insaniyah juga terbagi menjadi beberapa nilai yaitu sosial, etika, dan estetika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naim, Muhammad Ainunainun446@gmail.com02040820047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorThobroni, Achmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pesantren
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Santri
Keywords: Nilai-nilai Islam; pendidikan; entrepreneurship
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ainun Naim
Date Deposited: 16 Mar 2023 05:10
Last Modified: 16 Mar 2023 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61268

Actions (login required)

View Item View Item