Pengoorganisasian peternak Sapi menuju kampung energi di Dusun Kandang Barat Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariah, Siti Syarifatul (2022) Pengoorganisasian peternak Sapi menuju kampung energi di Dusun Kandang Barat Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Syarifatul Qomariah_B52218045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dusun Kandang Barat merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Olean yang cukup mempunyai kelimpahan ternak dibanding dusun lainnya yang ada di Desa Olean. Hal ini sangat mendukung peternak untuk mampu mengelola kotoran ternak dikarenakan kotoran ternak yang melimpah hanya ditumpuk dan dibuang ke sungai. Oleh karena itu adanya pendampingan diperlukan terhadap peternak untuk memanfaatkan aset secara baik yang nantinya aset tersebut bisa bermanfaat secara berputar baik di dunia peternakan maupun pertanian. Penelitian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) yang pendekatannya melalui menemukenali aset, mengungkap kesuksesan di masa lampau, memimpikan perubahan, melakukan strategi perubahan dan aksi dalam perubahan sosial dalam mengembangkan aset. Dari pendampingan ini masyarakat Dusun Kandang Barat, khususnya peternak mampu menghargai aset-aset yang dimiliki dan memulai pola pikir untuk mengelola kotoran ternak menjadi biogas yang nantinya bisa bermanfaat lebih dengan mewujudkan kampung energi dan melakukan pengembangan daya jual dari hasil proses biogas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariah, Siti Syarifatulsarifaqomariyah99@gmail.comB52218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian; biogas; kampung Energi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Syarifatul Qomariah
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:51
Last Modified: 16 Mar 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61270

Actions (login required)

View Item View Item