Pengembangan bahan ajar Sejarah kebudayaan Islam (SKI) berbasis google sites dalam meningkatkan daya kreativitas dan berpikir kritis peserta didik MI Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, Muhammad Firman (2023) Pengembangan bahan ajar Sejarah kebudayaan Islam (SKI) berbasis google sites dalam meningkatkan daya kreativitas dan berpikir kritis peserta didik MI Nurul Huda Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Firman Fatah_02041021010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan harus memiliki minat yang besar dalam mengimbangi perkembangan teknologi. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi masih sangat minim. Serta, Bahan Ajar yang hanya mengacu pada lks dan buku paket. Hal tersebut ditandai dengan kurangnya pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang teknologi informasi. Sehingga diperlukan sebuah pengembangan Bahan Ajar yang berbasis teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah ; (1) enghasilkan desain pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis Google Sites, (2) mendeskripsikan implementasi Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis Google Sites, (3) menunjukkan efektivitas Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis Google Sites yang digunakan untuk meningkatkan daya kreativitas dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik kelas V MI Nurul Huda Surabaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, validitas dan t-test. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1) desain produk yang dikembangkan mengacu pada kondisi kemampuan daya kreativitas dan berpikir kritis peserta didik yang perlu ditingkatkan, (2) implementasi Bahan Ajar yang dikembangkan berbasis Google Sites menunjukkan sangat baik berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan hasil angket respon peserta didik, (3) Berdasarkan hasil uji efektivitas yang dilakukan menggunakan teknik analisis paired sample t-test dan independentsample t-test Bahan Ajar yang dikembangkan berbasis Google Sites menunjukkan sangat efektif dalam meningkatkan daya kreativitas dan berpikir kritis peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatah, Muhammad Firmanfirmanfatahuinsa@gmail.com02041021010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; google sites; daya kreatifitas; berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Firman Fatah
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:43
Last Modified: 16 Mar 2023 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61280

Actions (login required)

View Item View Item