Potensi pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam perspektif etika bisnis islam di Pasar Legi Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Nur Safitri (2022) Potensi pasar tradisional untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam perspektif etika bisnis islam di Pasar Legi Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Safitri Fitriyani_G74215089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Potensi Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Pasar Legi Jombang” memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui potensi pasar tradisional Legi Jombang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif ialah untuk memperoleh gambaran secara mendalam terhadap variable penelitian dan tidak dapat dijabarkan dalam bentuk angka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi pasar tradisional Legi Jombang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat perspektif etika bisnis Islam secara keseluruhan sudah menerapkan indikator yang dimiliki seperti konsep ketuhanan, pandangan Islam terhadap harta, konsep benar, amanah, jujur, dan adil. Konsep ketuhanan yang lebih ditekuni di Pasar Legi Jombang ialah shalat wajib dan sedekah. Pandangan Islam terhadap harta pedagang Pasar Legi Jombang melakukan penjualan barang yang halal, tidak ada unsur haram. Konsep benar yang diterapkan menyesuaikan karakter dari masing-masing pedagang. Bentuk Amanah yang tercipta ialah adanya sebuah komplain dari pembeli maka barang dapat dikembalikan dan diganti sesuai dengan keinginannya. Jujur yang diterapkan ialah membicarakan produk dengan apa adanya. Penerapan adil yang dilakukan di Pasar Legi Jombang ialah tanpa membeda-bedakan antara pembeli yang satu dengan yang lainnya. Semua memiliki kedudukan yang sama, dan harus sesuai dengan nomor antrian. Saran yang dapat dilakukan oleh peneliti ialah untuk pedagang pasar Legi Jombang terus meningkatkan konsep ketuhanan seperti menjalankan puasa dan ibadah sunnah lainnya. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya konsep etika bisnis yang hendak dikaji lebih banyak indikator yang diusung. Bukan hanya enam indikator saja, melainkan adanya beberapa indikator yang lain seperti kebebasan, tanggung jawab, transparan, dan akuntabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Nur Safitrinursafitri136@gmail.comG74215089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Masyarakat
Keywords: Jual beli; Pasar tradisional; pasar legi Jombang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NUR SAFITRI FEBRIYANTI
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:14
Last Modified: 21 Mar 2023 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61300

Actions (login required)

View Item View Item