Partisipasi dan pemikiran politik Kiai Musta'in Romli pada masa orde baru di Indonesia (1973-1985)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Imam Walid Asrofuddin Ulil (2022) Partisipasi dan pemikiran politik Kiai Musta'in Romli pada masa orde baru di Indonesia (1973-1985). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Walid Asrofuddin Ulil Huda_02040121002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini menggunakan metode penelitian sejarah yang memiliki empat tahapan, yaitu heuristik sebagai tahapan pengumpulan data, kritik sebagai tahapan mencari keotentikan data, interpretasi sebagai tahapan dalam penafsiran fakta sejarah, dan historiografi dalam bentuk penulisan tesis ini. Metode tersebut didukung dengan penggunaan dua teori, yaitu kerangka teori partisipasi politik dan teori relasi kuasa dari Michael Foucault. Hasil dari penelitian ini adalah a) Kiai Musta’in Romli lahir dari keturunan tokoh-tokoh hebat yang memiliki nasab sampai kepada Nabi Muhammad. Ia adalah tokoh Islam pesantren, tokoh Islam sufistik, akademisi muslim, dan tokoh Islam politik. b) Presiden Soeharto dan rezim Orde Barunya memiliki dua periodesasi dalam agenda politik Islam, yaitu periode penjinakan dan periode akomodatif. c) Partisipasi politik Kiai Musta’in Romli adalah sebagai Juru Kampanye, anggota DPR-MPR RI fraksi Golkar, dan Wakil Ketua DPP MDI. Sementara pemikiran politiknya memuat tiga hal besar, yaitu melegitimasi kepemimpinan Presiden Soeharto dan rezim Orde Barunya, berpolitik untuk Islam (pendidikan dan tarekat), pengakuan terhadap betapa kuat dan ampuhnya Pancasila. Partisipasi dan pemikiran politiknya juga didasari pada tiga hal, yaitu semangat sufistik, sejarah TQN dalam perpolitikan, dan penerapan konsep politik sunni. Tujuan utamanya bergabung ke Golkar adalah untuk menyelamatkan dan memajukan Islam, meski harus menerima berbagai resistensi dari Umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Imam Walid Asrofuddin Ulilimamwalid10@gmail.com02040121002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Indonesia
Islam > Islam - Negara
Politik
Keywords: Kiai; Politik; Sufistik; Sejarah; Sunni
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: Imam Walid
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:50
Last Modified: 20 Mar 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61317

Actions (login required)

View Item View Item