Latihan Asertif untuk mengurangi perilaku People Pleasing pada remaja di desa Plipir Sekardangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulansari, Nadia Erika (2023) Latihan Asertif untuk mengurangi perilaku People Pleasing pada remaja di desa Plipir Sekardangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Erika Wulansari_B93219135_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan dan hasil dari latihan asertif untuk menurunkan perilaku people pleasing menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu single subject reasearch yang berfokus pada perubahan perilaku konseli. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapatkan melalui pengumpulan data, konseli terindikasi memiliki perilaku people pleasing yang berkategori tinggi. Sehingga memerlukan adanya intervensi melalui motivasi spiritual dan latihan asertif. Penelitian dikatakan berhasil karena melalui analisis data yang menunjukkan bahwa adanya perubahan level yang signifikan sebelum pada tahap pengambilan data awal dan pengambilan data sesudah dilakukannya intervensi yaitu dengan penjabaran pada saat baseline 1 selisih 5 poin, pada saat intervensi 3 poin dan untuk baseline 2 selisih 7 poin. Selain itu penurunan perilaku people pleasing dapat dilihat dari analisis antar kondisi dengan masing – masing kondisi 0%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa perilaku people pleasing yang dimiliki oleh konseli menurun melalui latihan asertif yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulansari, Nadia Erikanadiaerika3@gmail.comB93219135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Psikologi Belajar
Keywords: Latihan Asertif; Perilaku People Pleasing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nadia Erika Wulansari
Date Deposited: 20 May 2023 02:37
Last Modified: 20 May 2023 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61320

Actions (login required)

View Item View Item