Dialektika humanis rasulullah dalam ayat `Itāb: perspektif maqāṣid al-qur’an Mohamed Talbi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affani, Syukron (2022) Dialektika humanis rasulullah dalam ayat `Itāb: perspektif maqāṣid al-qur’an Mohamed Talbi. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syukron Affani_F53219037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fenomena ayat `itāb (teguran) terhadap Rasulullah menandakan perspektif yang berbeda antara maksud Allah dan kehendak Rasulullah. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini hendak menjawab tiga persoalan, yaitu: (1) Bagaimana eksistensi ayat `itāb dalam Al-Qur’an? (2) Bagaimana metode pemahaman ayat `itāb terhadap dialektika humanis Rasulullah dalam perspektif al-qirā’ah al-maqāṣidiyyah Mohamed Talbi? dan (3) Bagaimana karakteristik pemahaman ayat `itāb terhadap dialektika humanis Rasulullah dalam perspektif al-qirā’ah al-maqāṣidiyyah Mohamed Talbi.Pendekatan maqāṣid yang digagas Mohamed Talbi melalui perangkat kunci yang disebut Talbi dengan vecteur orienté, sahm muwajjih, al-qaṣd al-ilāhī atau al-mukhaṭṭah al-ilāhīyah (orientasi makna teks) akan digunakan untuk menganalisis ayat `itāb kepada Rasulullah. Untuk memperkaya pandangan, penulis mengintegrasikan wacana maqāṣid Talbi dengan literary theories, seperti authorial intention, reception theory, dan struktural-formal yang mengkaji sumber makna bahasa. Temuan penelitian ini adalah pertama, teguran dalam al-Quran merupakan fungsi peringatan dan petunjuk preskriptif al-Quran yang bersumber dari maqāṣid Allah Kedua, metode pemahaman ayat `itāb dalam perspektif al-qirā’ah al-maqāṣidiyyah Mohamed Talbi menggunakan analisis kontekstual-historis yang integral dengan pendekatan humanis. Ketiga, karakteristik ayat `itāb terhadap dialektika humanis Rasulullah dalam perspektif al-qirā’ah al-maqāṣidiyyah, menandakan signifikansi maksud Allah dalam beberapa aspek, yaitu pertama, advokatif; kedua, taktis strategis; ketiga, limitatif; keempat, impersonal; Kelima, realistis. Rekomendasi untuk tindaklanjut penelitian ini adalah pertama, melakukan penelitian yang lebih luas dengan menggunakan riwayat-riwayat yang telah direkonstruksi secara komprehensif. Dengan demikian akan didapat gambaran yang lebih utuh tentang `itāb al-Quran. Kedua, memanfaatkan wacana/teori literary studies untuk memperkaya perspektif penafsiran maqāṣidī. Wacana preskripsi (petunjuk preskriptif merupakan petunjuk apa yang seharusnya dilakukan; apa yang benar dan apa yang salah) serta teleologi dan deontologi juga dapat dieksplorasi untuk memperkaya penafsiran maqāṣidī.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affani, Syukronsyukron.affani@iainmadura.ac.idF53219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com2018017002
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ayat `Itāb; al-Qirā'ah al-Maqāṣidiyyah; Kehendak Allah; Dialektika Humanis Rasulullah
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Syukron Syukron Affani
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:49
Last Modified: 20 Mar 2023 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61325

Actions (login required)

View Item View Item