Pengaruh sektor unggulan dan Upah minimum terhadap keterserapan tenaga kerja Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Ratna Dwi (2023) Pengaruh sektor unggulan dan Upah minimum terhadap keterserapan tenaga kerja Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratna Dwi Astutik_G71219051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Sektor Unggulan dan Upah Minimum terhadap Keterserapan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur Tahun 2017-2021” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat pengaruh dari sektor unggulan dan upah minimum terhadap keterserapan tenaga pekerja di Provinsi Jawa Timur dari tahun 2017 hingga tahun 2021.Metode penelitian yang dipergunakan ialah analisis location quotient (LQ) untuk mengetahui sektor unggulan di Provinsi Jawa Timur, analisis Regresi Data Panel untuk mengetahui pengaruh dari tiap-tiap variabel serta analisis elastisitas penyerapan tenaga pekerja untuk mengetahui nilai elastisitas keterserapan tenaga kerja dengan jenis data sekunder yang didapat dari BPS dan dinas ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur. Data-data yang didapat kemudian diolah dengan software Eviews 12. Dari penelitian yang dilakukan diketahui sektor unggulan Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2021 ialah sektor industri pengolahan, sektor pengadaan air, sektor perdagangan, sektor penyediaan akomodasi makan-minum serta sektor informasi. Hasil penelitian secara parsial memperlihatkan variabel sektor unggulan mempunyai pengaruh negatif serta tidak signifikan terhadap keterserapan tenaga pekerja Jawa Timur dengan hasil T hitung sebesar -0,206059. Serta variabel upah minimum berpengaruh positif serta siginifikan terhadap keterserapan tenaga pekerja dengan T hitung sebesar 6,943340. Sedangkan, hasil analisis elastisitas penyerapan tenaga pekerja diketahui jika sektor industri pengolahan, sektor pengadaan air, sektor penyediaan akomodasi makan-minum serta sektor infomasi bersifat elastis menyerap tenaga pekerja Provinsi Jawa Timur dengan nilai elastisitas penyerapan tenaga kerja tinggi di sektor pengadaan air. Sementara itu, sektor perdagangan memiliki sifat inelastis pada penyerapan tenaga pekerja Provinsi Jawa Timur.Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan untuk pemerintah Provinsi Jawa Timur bisa terus memajukan sektor unggulan yang dimiliki agar sektor unggulan tersebut mampu meningkatkan sumbangsihnya terhadap pertumbuhan ekonomi serta mampu mendorong peningkatan sektor ekonomi yang lainnya di mana nantinya mampu menyerap tenaga kerja secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Ratna Dwiratnaswi29@gmail.comG71219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Tenaga Kerja
Keywords: Sektor Unggulan; Upah Minimum; Penyerapan Tenaga Pekerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ratna Dwi Astutik
Date Deposited: 21 Mar 2023 01:26
Last Modified: 21 Mar 2023 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61331

Actions (login required)

View Item View Item