Perancangan Kawasan Wisata Lontar Sewu Desa Hendrosari Kabupaten Gresik dengan pendekatan community based tourism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Apriliya Setia (2023) Perancangan Kawasan Wisata Lontar Sewu Desa Hendrosari Kabupaten Gresik dengan pendekatan community based tourism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Apriliya Setia Ningrum_H73218028 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu negara terbesar di kawasan Asia Tenggara darat dan laut adalah Indonesia. Akibatnya, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan lingkungan alam yang berbeda di setiap wilayahnya. Alhasil, Indonesia menjadi salah satu negara yang menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun internasional. Badan Pusat Statistik menyediakan data kunjungan wisatawan mancanegara berdasarkan kewarganegaraan setiap tahunnya.Hal itu dikarenakan Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi diindonesia mulai dari sabang sampai merauke terdapat banyak ribuan pulau dan pegunungan yang masih alami. Gresik salah satunya daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata. Dan memiliki banyak potensi wisata alam. Salah satu potensi tersebut berada di Desa Hendrosari. Hendrosari memiliki kebun Lontar yang sangat luas dengan jumlah pohon lontar sekitar 3.600 pohon dan memiliki 119 petani lontar. Mengingat Desa Hendrosari memiliki banyak potensi restoran yang menawarkan beragam kuliner Indonesia dan pohon lontar, Pemerintah Desa Hendrosari telah mendeklarasikan desa tersebut untuk dijadikan destinasi wisata. Maka dari itu Perancangan Kawasan Wisata Lontar Sewu ini diharapkan bisa lebih menampung apa yang di butuhkan dan inginkan masyarakat sekitar sesuai kemampuan dan sumber daya masyarakat lokal yang ada

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Apriliya SetiaApriliyasetianingrum@gmail.comH73218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Subjects: Pariwisata
Keywords: Kawasan; wisata; Lontar; community based tourism
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:08
Last Modified: 16 Mar 2023 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61332

Actions (login required)

View Item View Item