Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment untuk meningkatkan Self Esteem pada remaja di Desa Gelang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviyah, Nur (2022) Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dengan teknik Homework Assignment untuk meningkatkan Self Esteem pada remaja di Desa Gelang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Noviyah_ B93218157.pdf

Download (2MB)

Abstract

Behavior Therapy dengan Teknik Homework Assignment untuk Meningkatkan Self Esteem pada Remaja di Desa Gelang Sidoarjo. Fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses hasil akhir Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dengan Teknik Homework Assignment untuk Meningkatkan Self Esteem pada Remaja di Desa Gelang Sidoarjo.. Hal yang melatarbelakangi permasalahan konseli pada penelitian ini adalah memilki self esteem yang rendah berupa perilaku merasa dirinya tidak mempunyai kemampuan dan merasa dirinya tidak berguna.selain itu konseli juga merasa rendah diri dan takut mencoba hal-hal baru bahkan selalu takut akan kegagalan serta mudah menyerah ketika menghadapi masalah. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara,observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode deskriptif komperatif.Pelaksanaan konseling dilakukan menggunakan teknik Homework Assignment serta memadukan teknik syukur sebagai penunjang konseli melakukan aktivitas guna perubahan pada diri konseli yang akan memberikan hal-hal positif. Hasil pelaaksanaan konseling yaitu adanya perubahan yang terjadi pada konseli dan menunjukkan perilaku positif berupa mulai berfikir positif tentang dirinya, keluar dari zona nyaman, mulai menunjukkan kemampuan diri, serta mulai timbul rasa percaya diri dan mensyukuri apa yang ada pada dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviyah, Nurnur.noviyah123@gmail.comB93218157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy; Teknik Homework assignment; dan Self Esteem
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: nur noviyah
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:24
Last Modified: 16 Jun 2023 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61337

Actions (login required)

View Item View Item