Pengembangan media pembelajaran power point berbantu motion graphic dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nina Rohmatul (2023) Pengembangan media pembelajaran power point berbantu motion graphic dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Rohmatul Fauziyah_02041021011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit oleh sebagaian besar siswa, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas guru dalam proses pembelajaran agar materi yang diajarkan dapat tersampaian dengan baik terhadap siswa. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada peneliti mengembangkan media pembelajaran power point berbantu motion graphic. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran power point berbantu motion graphic dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA, untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran power point berbantu motion graphic dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 56 siswa kelas VI MIN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan peserta didik, karakteristik peserta didik, karakteristik materi dan telah mendapatkan validasi dari ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak; 2) Uji efektivitas dilaksanakan melalui uji Paired Sample T-Test dan uji Independent Sample T-Test dengan nilai T-test sig 0,000. Berdasarkan hasil kedua uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran power point berbantu motion graphic efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nina RohmatulNinauinsby@gmail.com02041021011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nina RohmatulNinauinsby@gmail.com02041021011
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media pembelajaran; power point; motion graphic; motivasi; hasil belajar IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NINA ROHMATUL FAUZIYAH
Date Deposited: 21 Mar 2023 05:11
Last Modified: 21 Mar 2023 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61345

Actions (login required)

View Item View Item