Penerapan Forgiveness Therapy perspektif Imam Al Ghazali terhadap klien pecandu Narkotika di layanan rehabilitasi rawat jalan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Widatul (2023) Penerapan Forgiveness Therapy perspektif Imam Al Ghazali terhadap klien pecandu Narkotika di layanan rehabilitasi rawat jalan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widatul Chasanah_E07219035 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian adalah untuk memberikan motivasi serta forgiveness therapy perspektif Imam Al-Ghazali kepada penyalahguna narkotika yang mana setiap pribadinya memiliki latar belakang permasalahan yang berbeda-beda dan mereka belum bisa memaafkan dirinya sendiri dan cenderung menyalahkan diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 responden dengan latar belakang permasalahan yang hampir sama dengan salah satu responden diberikan forgiveness therapy dan responden lainnya tidak diberikan forgiveness therapy, hanya mendapatkan penanganan rehabilitasi dengan metode yang digunakan di layanan rehabilitasi rawat jalan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur saja. Secara umum, dinamika dari proses forgiveness therapy perspektif Imam Al-Ghazali responden bermula kepada permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya, sehingga responden merasa tertekan, stress dan depresi yang kemudian dilampiaskan kepada penyalahgunaan narkotika dan selanjutnya perasaan bersalah serta cenderung menyalahkan diri sendiri itu muncul pada diri responden. Dalam penulisan skripsi ini sumber primer didapatkan dari wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dan sumber sekunder yang merupakan pendukung serta pelengkap informasi didapatkan dari buku, jurnal dan penelitian terdahulu seperti skripsi dan tesis. Dari penelitian yang sudah dilakukan peneliti, didapatkan hasil dari penelitian ini bahwa Forgiveness Therapy berhasil dilakukan sebagai penunjang dan terapi tambahan terhadap perubahan hidup pecandu narkotika di layanan BNNP Jatim. Responden yang diberikan forgiveness therapy cenderung lebih siap dan yakin untuk melanjutkan hidup dengan senantiasa melakukan perbuatan yang positif dan tidak akan menyalahgunakan narkotika kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Widatulchasanahwidat2512@gmail.comE07219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Narkotika
Keywords: Forgiveness therapy; Imam Al Ghazali; penyalahguna Narkotika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:12
Last Modified: 20 Mar 2023 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61348

Actions (login required)

View Item View Item