Faktor-Faktor yang mempengaruhi alih fungsi lahan komoditi Padi ke Buah Belimbing Bangkok Merah Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Qoniatul (2022) Faktor-Faktor yang mempengaruhi alih fungsi lahan komoditi Padi ke Buah Belimbing Bangkok Merah Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qoniatul Afifah_G91218091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Komoditi Padi ke Buah Belimbing Bangkok Merah Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar” merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi alih fungsi lahan komoditi padi ke buah belimbing bangkok merah di Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan datanya melalui tahap wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling yang dilakukan kepada perangkat desa dan petani yang telah melakukan alih fungsi lahan komoditi padi ke buah belimbing bangkok merah. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa faktor internal yang mempengaruhi alih fungsi lahan komoditi padi ke buah belimbing bangkok merah di Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yaitu faktor pendapatan, faktor luas lahan dan faktor pengetahuan. Faktor eksternal yang mempengaruhi alih fungsi lahan komoditi padi ke buah belimbing bangkok merah di Desa Pojok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yaitu faktor pengaruh pihak lain, faktor peluang kerja baru, faktor permintaan pasar, dan faktor alam.Beberapa saran dari peneliti adalah kepada petani diharapkan agar dapat mempertimbangkan kembali ketika akan melakukan alih fungsi lahan. Selain itu kepada petani belimbing bangkok merah tidak hanya bertindak kepada pemikiran lama yaitu petani hanya menanam dan memanen saja, akan tetapi petani harus bisa menjadi petani agrobisnis sehingga pengolahan belimbing bangkok merah ini bisa lebih maksimal dan menguntungkan. Kepada pemerintah diharapkan dapat membuat peraturan daerah atau kebijakan daerah mengenai alih fungsi lahan agar lahan padi dan lahan belimbing bangkok merah bisa seimbang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Qoniatulafifahqoniatul37@gmail.comG91218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Keywords: Alih Fungsi Lahan; Belimbing Bangkok Merah; Padi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Qoniatul Afifah
Date Deposited: 24 Mar 2023 00:35
Last Modified: 24 Mar 2023 00:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61352

Actions (login required)

View Item View Item