تنمية مهارة الكلام من خلال التعلم التعاوني: بحث تجريبي في المدرسة الثانوية الاسلاميةالحكمومية كندنجان، قديري، جاوى الشرقية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hudlori, Moh. (2010) تنمية مهارة الكلام من خلال التعلم التعاوني: بحث تجريبي في المدرسة الثانوية الاسلاميةالحكمومية كندنجان، قديري، جاوى الشرقية. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hudlori_F0640752.pdf

Download (6MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan Kab.Kediri sejak tahun pelajaran 2004-2005, Madrasah ini menggunakan kurikulum yang bertumpu pada kemampuan siswa yang disebut KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ). Mayoritas siswa di Madrasah tersebut mengerti ungkapan bahasa Arab melalui mendengar, membaca, dan menulis, akan tetapi berdasarkan pengamatan peneliti mereka tidak dapat berbicara bahasa Arab secara komunikatif, padahal mayoaritas mereka telah mempelajari bahasa Arab selama tiga tahun ketika mereka belajar di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendesain materi pembelajaran keterampilan berbicara di MAN Kandangan Kab. Kediri dengan tetap berpegang pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (2) Mengetahui efektifitas peningkatan keterampilan berbicara bagi siswa MAN Kandangan Kab. Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment). Metodologi yang digunakan adalah (1) Metode Student Team Achievement Division(STAD), (2) metode eksperiment melalui pretest dan post test. Sumber data penelitian adalah (1) Materi bahasa Arab kelas dua semester genap MAN Kandangan Kab. Kediri, (2) Kepala Madrasah MAN Kandangan Kab. Kediri, (3) Pakar pembelajaran bahasa Arab, (4) Guru bahasa Arab MAN Kandangan Kab. Kediri, (6) Dokumentasi. Melalui penelitian mendalam diperoleh hasil sebagai berikut (1) Bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) mempunyai efektifitas di dalam peningkatan semua keterampilan berbahasa.(2) Keberhasilan para siswa di dalam kemampuan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model STAD berada pada tinggkat yang baik. Hal ini banyak dari mereka memperoleh nilai yang baik dan merekapun senang dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD, khususnya bagi siswa kelas tiga program bahasa MAN Kandangan Kab. Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hudlori, Moh.hudlori7@gmail.comF0640752
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorIdris, Nasruddin--
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Keywords: Keterampilan Berbicara; Tipe STAD
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:01
Last Modified: 21 Mar 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61360

Actions (login required)

View Item View Item